Selasa, 16/07/2019 10:58 WIB

Waspadai Tempat Wisata "Over" Kapasitas saat Libur Lebaran

YLKI mengimbau masyarakat lebih waspada saat berkunjung ke tempat wisata, di tengah masa libur lebaran.

Pengujung Taman Binatang Ragunan (Foto:Supi)

Jakarta, Jurnas.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau masyarakat lebih waspada saat berkunjung ke tempat wisata, di tengah masa libur lebaran.

Pasalnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada potensi lonjakan pengunjung secara drastis, yang mengharuskan pengelola tempat wisata memperhatikan kapasitas maksimal.

"Jangan jor-joran menjual tiket masuk, sehingga terjadi over kapasitas tempat wisata," kata Ketua YLKI Tulus Abadi pada Senin (3/6).

Menurut Tulus, konsumen akan dirugikan jika tempat wisata mengalami over kapasitas. Di antaranya konsumen tidak optimal dalam menikmati wahana wisata.

"Dan membahayakan, karena bisa terjadi insiden di tempat wisata, seperti arena bermain yang patah atau jembatan gantung yang ambruk," imbau dia.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut Tulus berharap pengelola tempat wisata meningkatkan pengawasan, guna menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung.

"Konsumen pun jangan memaksakan diri memasuki tempat wisata, jika sekiranya tempat wisata itu sudah berjejal-jejal," tambah Tulus.

Dalam keterangannya, Tulus juga meminta pengelola memperhatikan dan menjaga kebersihan toilet di lokasi wisata, juga memastikan ketersediaan air bersih yang cukup.

"Demikian juga tempat ibadah, selain bersih juga harus dilengkapi dengan sarana penunjang lainnya," tandas dia.

TAGS : YLKI Tempat Wisata Hari Raya Idul Fitri




TERPOPULER :