Kamis, 18/04/2024 21:02 WIB

Mediasi Iran-AS, PM Jepang Akan Temui Ayatullah Khamenei

Lewat pertemuan tersebut, Tokyo berharap mampu menengani konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS), yang menciptakan ketegangan di kawasan Teluk.

Abe Shinzo (Foto: Omohiro Ohsumi/Getty)

Tokyo, Jurnas.com - Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo akan bertemu dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei pada akhir bulan ini.

Lewat pertemuan tersebut, Tokyo berharap mampu menengani konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS), yang menciptakan ketegangan di kawasan Teluk.

Dilansir dari AFP pada Minggu (2/6), ketika ketegangan Iran dan AS meningkat, Abe mengusulkan untuk bertindak sebagai perantara. Dia juga akan mempertimbangkan kunjungan kenegaraan ke Iran.

Menurut laporan Mainichi Shimbun, rencana pertemuan Abe dan Khamenei akan menjadi pembicaraan pertama, antara Perdana Menteri Jepang dengan pemimpin tinggi Teheran.

Selain bertemu Khamenei, Abe juga rencananya bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, dalam lawatan yang berlangsung 12-14 Juni.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump yang berkunjung ke Tokyo memberikan lampu hijau pada rencana Abe.

Trump optimistis bahwa pemerintahannya dapat berdampingan dengan Iran, jika kedua negara bersedia duduk satu meja untuk berdiplomasi.

"Kami tidak mencari perubahan rezim. Saya yakin Iran ingin bicara, dan jika demikian kami juga ingin bicara," kata Trump.

Sementara Khamenei pernah menyatakan bahwa negosiasi dengan pemerintahan Trump sebagai "racun", karena AS tidak akan mendukung apa pun.

Pernyataan merujuk pada penarikan Washington dari perjanjian nuklir 2015 yang ditandatangani oleh Teheran dan kekuatan dunia.

KEYWORD :

Abe Shinzo Jepang Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :