Kamis, 25/04/2024 11:05 WIB

Empat Pejabat Tinggi Negara Lepas 2.013 Pemudik Gratis Sepeda Motor Kapal Laut

Mudik gratis sepeda motor tidak hanya ke Semarang, ada juga yang menuju Lampung.

Empat pejabat tinnggi negara kabinet kerja melepas 2.013 peserta mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo tujuan Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Empat orang pejabat tinggi negara Kabinet Kerja melepas 2.013 orang dan 839 unit sepeda motor peserta mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dari terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok menuju Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019) pada pukul 17.09 WIB.

Kempat pejabat tinggi negara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan, Puan Maharani, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila Muluk, dan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Hadir pada sore itu, antara lain Kepala OP Tanjung Priok Capt. Hermanta, Kepala Syahbanar Priok Amiruddin, Direktur Pelindo II Rizal, Direktur Lala Hubla Capt. Wisnu Handoko, serta para pejabat dan stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

“Sore ini, kapal KM. Dobonsolo kembali mengangkut para pemudik gratis menuju Semarang berikut dengan sepeda motornya,” kata Puan Maharani, usai meninjau ke kapal, dan melepas KM Dobonsolo.

Kata Puan, mudik gratis sepeda motor ini merupakan program pemerintahan Jokowi, dan ini sudah ketiga kali.

“Semoga masyarakat bisa terbantu dengan adanya program mudik gratis kapal laut ini, dan saya doakan semoga selama perjalanan bisa menikmati, karena di dalam kapal dapat makan, dan tempat yang layak. Sekali lagi semoga selamat sampai tujuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya menyatakan bahwa mudik gratis kapal laut ini bukan hanya ke Semarang saja, tapi ada juga yang dari Jakarta menuju Lampung.

“Saya berharap semuanya dapat menjaga keselamatan, terutama agar ramp check terhadap kapal dilakukan,” kata Budi.

Budi juga menyatakan dengan naik kapal gratis, bisa beristirahat, karena perjalanan Jakarta-Semarang ditempuh dalam waktu 15 jam.

Begitu pula dengan Menkes Nila Muluk. Menkes juga berpesan supaya masyarakat yang mudik dengan kapal mesti menjaga kesehatannya.

“Semoga bisa selamat dan berlebaran di kampung halaman dengan selamat,” katanya.

Sebelumnya, pada Kamis (30/5) lalu, kapal penumpang  KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni juga dilepas dari Priok, mengangkut 911 sepeda motor dan 1.982  orang. Mereka adalah peserta pemudik gratis sepeda motor dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus Purnomo menyebutkan pada tahun 2019 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kuota untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal adalah sebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang.

Kapal yang digunakan untuk mengangkut mudik gratis tersebut adalah kapal penumpang KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. PELNI dengan jadwal 3 kali keberangkatan (voyage) untuk arus mjudik yaitu tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta 3 (tiga) kali voyage arus balik tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

“Setelah hari ini, besok Senin (3/6/2019) rencananya kapal KM. Dobonsolo juga akan diberangkatkan kembali untuk mengangut pemudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan jadwal yang sama yaitu pukul 16.00 WIB. Waktu tempuh dari Tanjung Priok ke Semarang adalah selama 14 jam sehingga pada pukul 06.00 WIB keesokan harinya para pemudik akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan bisa melanjutkan ke rumah masing-masing,” kata Dirjen Agus.

KEYWORD :

Mudik gratis sepeda motor empat pejabat tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :