Rabu, 24/04/2024 17:22 WIB

KTT OKI Sampaikan Selamat atas Terpilihnya Kembali Presiden Jokowi

Peran dan kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia dan kemanusiaan juga mendapatkan apresiasi negara OKI.

Kementerian Luar Negeri RI, Retno Marsudisaat memimpin pertemuan informal dalam format Arria Formula dengan tema Pemukiman dan Pemukim Ilegal Israel: Inti dari Pendudukan, Krisis Perlindungan, dan Penghalang terhadap Perdamaian, di Markas Besar PBB, New York, Kamis (9/5).

Mekkah, Jurnas.com - Kepala negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo.

Ucapan Selamat tersebut disampaikan Kepala Negara anggota OKI dalam Final Communique paragraf 94 yang disahkan pada penutupan Konferensi Tingkat Tinggi ke-14 OKI (KTT ke-14 OKI) di Tanah Suci Mekkah, Sabtu (1/6).

Dalam dokumen yang disepakati 56 negara anggotanya, OKI memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan Pemilu yang adil, transparan, dan demokratis April lalu.

Mereka juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo untuk pemerintahan periode 2019-2024.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan, peran dan kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia dan kemanusiaan juga mendapatkan apresiasi negara OKI dan terekam dalam dokumen akhir Final Communique.

"Peran dan kontribusi Indonesia mendapatkan apresiasi dan penghargaan masyarakat internasional termasuk OKI," ujar Retno.

Indonesia mendapat apresiasi atas inisiatif  dalam menggelar Arria Formula di DK PBB mengenai pemukiman illegal, prakarsa pembentukan OIC Contact Group on Peace and Dialogue untuk melawan Islamophobia dan penyelenggaraan Trilateral Ulama Conference sebagai bagian penting dalam proses perdamaian di Afghanistan.

KEYWORD :

KKT OKI Joko Widodo Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :