Sabtu, 20/04/2024 22:23 WIB

Menhan AS Anggap Militerisasi China di LCS Berlebihan

Patrick Shanahan menganggap militerisasi China di pulau-pulau buatan di Laut China Selatan (LCS) sebagai aksi berlebihan.

Kapal nelayan Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: The Star)

Singapura, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Patrick Shanahan menganggap militerisasi China di pulau-pulau buatan di Laut China Selatan (LCS) sebagai aksi berlebihan.

Dilansir dari Associated Press pada Jumat (31/5), Shanahan mengatakan pemasangan landasan pacu panjang, dan rudal darat-ke-darat di pos-pos berjumlah terlalu banyak, dan melampaui upaya defensif.

Keterangan ini disampaikan Shanahan kepada awak media sebelum bertemu dengan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe, di konferensi keamanan nasional Shangri-La Dialogue.

Pernyataannya menggarisbawahi hubungan Amerika yang terputus-putus dengan China, ketika pemerintahan Trump melakukan perang dagang dengan Beijing.

AS menjatuhkan sanksi pada raksasa teknologi China Huawei dan menyetujui penjualan senjata ke Taiwan, pulau yang diperintah sendiri yang diklaim oleh daratan Komunis sebagai wilayahnya sendiri.

Pentagon menyebut Shanahan dan Wei membahas cara untuk membangun hubungan militer yang lebih baik.

KEYWORD :

Laut China Selatan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :