Senin, 19/08/2019 21:34 WIB

Masalah Kewanitaan yang Mengganggu Saat Mudik

Selain keputihan, perempuan rentan terkena infeksi saluran kemih dan infeksi bakteri pada vagina. 

Ilustrasi organ intim wanita.(Foto : Google)

Jakarta, Jurnas.com - Mudik datang sebentar lagi, saatnya kita mempersiapkan diri untuk bersilaturahmi dan bepergian mengunjungi sanak saudara.

Pada saat perjalanan mudik atau traveling, sebagian perempuan pasti pernah mengalami rasa malas untuk pergi ke toilet karena takut menghadapi kondisi toilet umum yang tidak nyaman.

Selain itu, kebiasaan buruk lainnya sewaktu traveling seperti duduk terlalu lama di dalam mobil, tidak sempat mengganti celana dalam, hingga penggunaan air yang tidak bersih, akan memudahkan Candinda Albicans untuk berkembang dan menyebabkan berbagai permasalahan di area kewanitaan.

Aesthetic Gynaecologist dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG ditemui dalam acara mengungkapkan berada pada kondisi traveling merupakan salah satu pemicu utama dari keputihan.

"Mulai dari cuaca yang tropis dan lembap, keringat yang lebih banyak dari biasanya saat berpergian, hingga kondisi terlalu lama duduk di mobil ataupun terlalu banyak jalan kaki semakin meningkatkan risiko tersebut," ujar Dinda.

Selain keputihan, menurut dr. Dinda traveling juga dapat memicu permasalahan organ kewanitaan.

Infeksi bakteri vagina, yang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan area kewanitaan seperti tidak mengganti celana dalam pada saat traveling.
Infeksi ragi vagina, yang disebabkan karena kondisi area kewanitaan yang lembap dan hangat selama liburan.

Infeksi Saluran Kemih (ISK), pada saat traveling. ISK sering terjadi pada perempuan yang sedang melakukan traveling. Gejala ISK yang perlu diwaspadai yaitu sakit ketika buang air kecil, urine jadi keruh, dan anyang-anyangan.

TAGS : Jaga Kesehatan Organ Kewanitaan Mudik Sehat




TERPOPULER :