Jum'at, 19/04/2024 19:14 WIB

Kemenlu Prioritaskan Palestina pada Pertemuan Menlu OKI di Jeddah

Indonesia menekankan pentingnya Negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tetap solid dalam memberikan dukungan kepada Palestina.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi dalam Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri Negara OKI, Jeddah, Rabu (29/5).

Jeddah, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi menekankan pentingnya Negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tetap solid dalam memberikan dukungan kepada Palestina.

Hal itu disampaikan dalam Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri Negara OKI, Jeddah, Rabu (29/5).

Sejak awal rangkaian pertemuan OKI ini pada tingkat Pejabat Senior, Indonesia sudah aktif berkontribusi dalam negosiasi persiapan dokumen akhir KTT tersebut.

"OKI harus bersatu dan langkah OKI harus solid dan terkoordinasi dalam mendukung Palestina," tegas Retno.

Secara khusus, Retno menekankan bahwa rencana perdamaian untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina harus memperhatikan tiga kriteria, yaitu inklusifitas, komprehensif dan menghormati parameter yang telah disepakai secara internasional.

Selain itu, perempuan kelahiran Semarang itu juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi Tuan rumah KTT OKI, pada saat giliran kawasan Asia tiba.

Sekedar diketahui Pertemuan Tingkat Menteri Negara OKI dimaksudkan untuk mempersiapkan dua outcome document KTT OKI, yaitu draft Final Communique dan resolusi mengenai Palestina dan Al-Quds Ash-Sharif.

KTT ke-14 OKI sendiri akan digelar di Mekkah tanggal 31 Mei 2019.

KEYWORD :

Palestina Organisasi Kerjasama Islam Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :