Kamis, 25/04/2024 11:22 WIB

LK ESQ Edukasi 1.000 Anak Yatim Cintai Budaya Nusantara

Perkembangan teknologi saat ini dinilai semakin mengikis pengetahuan anak-anak masa kini terkait kebudayaan daerah, salah satunya tak lagi mengenal permainan-permainan nusantara yang sering dimainkan generasi terdahulu.

Press Conference kegiatan Semesta Ramadhan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/05)

Jakarta, Jurnas.com – Perkembangan teknologi saat ini dinilai semakin mengikis pengetahuan anak-anak masa kini terkait kebudayaan daerah, salah satunya tak lagi mengenal permainan-permainan nusantara yang sering dimainkan generasi terdahulu.  

Hal itu diungkapkan Lea Sri Indari Irawan selaku Ketua Umum Lembaga Kemanusiaan ESQ (LK ESQ) dalam acara konference pers kegiatan Semesta Ramadhan di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu (29/05).

Untuk itu, lanjut Lea, LK ESQ mengajak anak-anak untuk belajar mengenal kebudayaan daerah melalui beberapa permainan nusantara dalam acara semesta Ramadhan bertema “Jelajahi Permainan Rakyat Nusantara”, yang dilaksanakan pada 29 Mei.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi melestarikan budaya Indonesia melalui permainan rakyat nusantara dan mengembalikan dunia bermain anak,” kata Lea.

Dalam kegiatan tersebut, LK ESQ mengajak 1.000 anak yatim, piatu dan dhuafa dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cikarang. Anak-anak tersebut diajak untuk mengunjungi anjungan daerah yang ada di TMII dan memainkan beberapa permainan daerah seperti Gangsing, Egrang, Dampu, Congklak, Kelereng, Karet dan permainan nusantara lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak memiliki permainan alternative, tak hanya melulu disibukkan dengan permainan yang tersedi di gadget,” tambah Lea.

Senada dengan Lea, Pendiri LK ESQ, Ary Ginanjar Agustian menilai, kegiatan yang sudah dilaksanakan delapan kali itu merupakan kegiatan yang unik lantaran tak hanya memberikan santunan materi, namun juga memberikan nilai-nilai positif pada anak-anak.

“Semesta Ramadhan yang secara rutin dilaksanakan LK ESQ merupakan wujud mereka untuk membangun kepedulian,” ujar Ary.

“Semesta Ramadhan dalam bentuk permainan dan bentuk-bentuk lain yang dilakukan sebelumnya memiiki empat sudut nilai yakni fisikal, intelektualitas, emosionalitas dan spiritualitas. Semoga ini semua menjadi nilai tambah bagi anak-anak,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga LK ESQ memberikan uang santunan, bingkisan dan perlengkapan sekolah bagi 1.000 anak yatim, piatu, dan dhuafa.

Semesta Ramadhan dengan konsep edutainment ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, di antaranya PT. L’essential, PT. Pegadaian (Persero), Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI), Paxel, CIMB Niaga Syariah, Lotteria, Sandal Lucu (Sancu), Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa (YWBNB), APP Sinarmas, REAC, Green Bottle, dan Taman Mini Indonesia Indah.

KEYWORD :

Budaya Nusantara LK ESQ




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :