Sabtu, 20/04/2024 00:01 WIB

Google Investasikan Rp9,6 Triliun untuk Membangun Pusat Data di Filandia

Pusat data baru itu berlokasi di Hamina yang terletak sekitar 145 kilometer di sebelah timur ibu kota Finlandia, Helsinki, dengan populasi lebih dari 20.000 penduduk.

Perusahaan Google (Foto: Mike Blake/Reuters)

Helsinki, Jurnas.com - Perusahaan Google akan menginvestasikan sekitar EUR600 juta atau sekitar Rp9,6 triliun untuk membangun pusat data baru di Finlandia.

Menurut kantor berita Finlandia YLE, pusat data baru itu berlokasi di Hamina yang terletak sekitar 145 kilometer di sebelah timur ibu kota Finlandia, Helsinki, dengan populasi lebih dari 20.000 penduduk.

Dikutip dari Anadolu, pusat data baru ini memiliki lokasi yang sama dengan pusat data Google yang dibangun pada 2011 dan menjadikan total investasi perusahaan di kawasan itu bernilai EUR1,4 miliar.

Sekretaris permanen Kementerian Urusan Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Jari Gustafsson, mengatakan investasi pusat data Google yang signifikan adalah berita baik dan indikasi lingkungan yang stabil dan kompetitif, sekaligus memperkuat infrastruktur digital Finlandia.

Google yang dimiliki Alphabeth Inc sudah memiliki data center di Hamina, tempat ia membenamkan modal EUR800 juta untuk mengonversi pabrik kertas tua. Perusahaan kertas Stora Enso menjual pabriknya yang dekat dengan perbatasan Rusia ke Google pada 2009.

Google mengatakan, fasilitas di Hamina adalah salah satu data center yang paling canggih dan efisien. Sistem pendinginnya menggunakan air laut dari Teluk Finlandia untuk mengurangi penggunaan energi.

Dilansir dari Reuters, pusat data Google di Eropa lainnya berlokasi di belanda, Irlandia dan Belgia.

 

 

KEYWORD :

Perusahaan Google Filandia Pusat Data




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :