Rabu, 16/10/2019 02:36 WIB

Ini Lho Manfaat Baik Konsumsi Sayuran Saat Puasa

Selain menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan segar, konsumsi sayuran juga bantu kontrol gula dalam darah.

ilustrasi komposisi makanan sehat.(Foto : sulieknek.lt)

Jakarta, Jurnas.com - Menjaga konsumsi buah dan sayur selama berpuasa juga membantu kontrol gula darah kita selama puasa. Sehingga terhindar dari hipoglikemi, terutama pada orang penderita diabetes melitus.

“Sayur dan buah itu mengandung vitamin, mineral dan serat larut yang penting untuk mengontrol gula darah dan mencegah kanker usus dan tidak dapat ditemukan dalam produk hewani,” tutur Dr. Drs. Susianto Tseng, MKM seorang ahli gizi sekaligus koordinator Internasional Vegetarian Union untuk Asia Pasifik.

Hal itu karena buah sifatnya fruktosa sehingga glukosanya tidak meningkat dengan cepat, ditambah lagi indeks glikemiknya rendah membuat gula darah tetap stabil. Sebab, apabila mengonsumsi makanan yang tinggi glikemik akan membuat cepat lapar.

Tidak hanya itu, manfaat tetap mengonsumsi buah dan sayur pada saat berpuasa adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan segar.

Hal itu karena mengingat dalam buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh. Apabila dalam satu bulan kebutuhan buah dan sayur tidak terpenuhi maka akan memengaruhi ketahanan tubuh.

“Produk nabati itu berbeda dengan hewani, memiliki serat dan tidak mengandung kolestrol. Serat itu banyak antioksidan, vitamin C serta betakaroten yang baik sekali untuk kesehatan,” tambah dr. Susianto.

 

TAGS : Puasa Sehat Konsumsi Sayuran Manfaat Sayuran




TERPOPULER :