Selasa, 18/06/2019 01:39 WIB

Nama-nama pintu neraka

Disebutkan di dalam Al-Qur`an,

Ilustrasi siksaan api neraka

Jakarta, Jurnas.com - Mendengar kata "Neraka", langsung terbayang satu tempat penyiksaan yang teramat panas. Ada juga neraka dingin, namun saking dinginnya bisa melepaskan kulit-kulit penghuninya.  Inilah tempat bagi umat manusia yang mengabaikan ajaran Allah SWT  selama menjalani kehidupan di Bumi.

Disebutkan di dalam Al-Qur`an, "Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. (Sad 38:57).

Surah lainnya, “mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan ghossaq, sebagai pambalasan yang setimpal.” (QS. An Naba’: 24-26).

Perlu diketahui Neraka tempat penyiksaan itu disebutkan memiliki 7 pintu yang  setiap pintu atau tingkatannya berbeda-beda penyiksaannya yang ditetapkan untuk golongan tertentu. Berikut pintu-pintu Neraka itu;

# Neraka Hawiyah

Inilah siksaan untuk orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup didunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan. Mereka selama hidupnya  tidak menjalankan  ajaran agama Islam. Misalnya malas mengerjakan sholat.

# Neraka Jahiim

Disinilah neraka untuk orang-orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah. Dalam ajaran Islam syirik adalah sebagai salah satu dosa paling besar, kelompok ini anggap ada makhluk yang lebih hebat selain Allah.

# Neraka Saqar

Neraka untuk  orang yang mendustakan perintah Allah dan rasul. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Muhammad, tetapi mereka meremehkan syariat Islam.Surah Al-Muddassir.

# Neraka Lazhaa

Dalam Surah Al Ma`arij, tempat ini disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang miskin. Bagi mereka yang tidak mau bersedekah, membayar zakat, atau bahkan memasang muka masam apabila ada orang miskin datang meminta bantuan.

# Neraka Huthamah

Pintu neraka yang disiapkan untuk orang yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina. Mereka tidak mengeluarkan zakat harta dan menghina orang miskin. Harta mereka akan dibakar kemudian diminumkan sebagai siksaan kepada manusia pengumpul harta.

# Neraka Sa`iir

Neraka yang diisi oleh orang-orang kafir dan orang yang memakan harta anak yatim.

# Neraka Wail

Disinilah tempat penyiksaan untuk para pengusaha atau pedagang yang licik, dengan cara mengurangi berat timbangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

TAGS : Hikmah Ramadan Pintu Neraka




TERPOPULER :