Jum'at, 26/04/2024 00:09 WIB

Kerabat Kuno dari Kadal Berlidah Biru Ditemukan di Australia

Kadal purba itu ditemukan di antara endapan fosil di situs Warisan Dunia Riversleigh, yang terletak di barat laut Queensland

Sisa-sisa kadal berumur 15 juta tahun itu terawetkan dengan sangat baik, para ilmuwan melaporkan. Foto oleh M. Hutchinson, P. Stokes dan K. Thorn

Jakarta, Jurnas.com - Ahli paleontologi di Australia telah menggali kerangka lengkap kadal purba, kerabat awal kadal bermata biru. Analisis sisa-sisa menunjukkan reptil berusia 15 juta tahun ini sangat mirip dengan kadal modern.

Para ilmuwan menggambarkan spesies baru, Egernia gillespieae, minggu ini dalam jurnal Vertebrate Palaeontology.

"Makhluk ini tampak seperti sesuatu di antara kadal pohon dan kadal berlidah biru," kata Kailah Thorn, mahasiswa PhD di Universitas Flinders dilansir UPI, Kamis (02/05).

"Panjangnya sekitar 25 sentimeter, dan tidak seperti spesies hidup lainnya, ia dilengkapi dengan rahang peremukkan yang kuat."

Para ilmuwan melakukan analisis DNA dan anatomi kadal kuno dan modern untuk menentukan waktu asal evolusi kadal baru. Para ahli paleontologi menentukan kadal itu muncul dari genus kadal Egernia sekitar 25 juta tahun yang lalu.

"Fosil baru itu terawetkan dengan sangat baik, dengan sebagian besar tengkorak, dan beberapa tulang anggota badan, semuanya dari satu individu," kata Thorn.

"Itu milik genus Egernia, spesies modern dalam kelompok ini yang sering disebut `kadal sosial` dan dikenal hidup dalam kelompok keluarga, berbagi singkapan berbatu dan tunggul pohon berlubang," tambahnya.

Meskipun mirip dengan kadal modern, kadal kuno ini memiliki rahang dan serangkaian gigi yang unik - rahang lebar dan gigi bundar yang kondusif untuk dihancurkan.

Kadal purba itu ditemukan di antara endapan fosil di situs Warisan Dunia Riversleigh, yang terletak di barat laut Queensland. Para peneliti menamai spesies kadal baru ini setelah Anna Gillespie, seorang ahli paleontologi di Universitas New South Wales, yang telah memimpin puluhan penggalian di dalam situs warisan.

"Saya telah menyiapkan bahan fosil Riversleigh selama beberapa tahun sekarang dan tulang kadal adalah elemen langka," tutur Gillespie.

"Ketika rahang muncul dan segera diikuti oleh elemen-elemen tengkorak yang terkait, saya merasa bahwa itu akan menjadi tambahan yang signifikan untuk kisah reptil Riversleigh."

KEYWORD :

Kadal Kuno Lidah Biru Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :