Kamis, 25/04/2024 14:41 WIB

Liverpool FC Selidiki Pendukungnya yang Rasis di Barcelona

Dalam video itu, yang beredar luas di media sosial, seorang suporter Liverpool terlihat mendorong pria itu ke air di Placa Reial 

Selebrasi pemain Liverpool kala mencetak gol ke gawang lawan (foto: google)

Spanyol, Jurnas.com - Klub sepak bola Liverpool melakukan investigasi video yang memperlihatkan pendukung The Reds tertangkap kamera melakukan pelecehan ras terhadap seorang pria Asia di kota Barcelona di Spanyol.

Dalam video itu, yang beredar luas di media sosial, seorang suporter Liverpool terlihat mendorong pria itu ke air di Placa Reial jelang leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou pada Rabu (1/5).

Pria kedua, yang juga diyakini sebagai penggemar Liverpool, terdengar mengatakan "Tuan Miyagi, san" ketika lelaki tua itu mencoba berbicara kepada orang yang mendorongnya.

Miyagi merupakan istilah rasial untuk master karate fiksi dalam film Karate Kid dari tahun 1980-an. Video lain juga menunjukkan seorang pedagang kaki lima ke dalam air.

Liverpool FC mengatakan akan menyelidiki insiden tersebut dan berusaha mengidentifikasi mereka yang terlibat.

"Perilaku seperti itu jelas sekali tidak dapat diterima dan tidak akan ditoleransi," kata pernyataan itu.

"Tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut saat situasinya sedang berlangsung selain untuk mengonfirmasi bahwa klub akan mengikuti proses yang wajar dalam setiap dan semua kasus seperti ini," sambungnya.

Kick It Out, organisasi yang mencoba memerangi rasisme dalam sepak bola, memuji Liverpool karena mengambil tindakan cepat atas dugaan insiden rasis tersebut.

CEO Liverpool Peter Moore juga memohon kepada penggemar Liverpool untuk berperilaku sopan, "Kami dengan bangga menyanyikan bahwa kami telah menaklukkan seluruh Eropa. Tapi mari kita perlakukan kota yang indah ini dengan rasa hormat yang layak, dan bertindak dengan cara yang sesuai dengan LFC.

"Untuk semuanya mari bersenang-senang, karena kita Liverpool, dan karena itu, mari kita berkunjung ke sini dengan rahmat dan kerendahan hati," katanya.

Pernyataan itu muncul setelah enam penggemar Liverpool ditangkap otoritas setempat pada Selasa (30/4)atas dugaan pelanggaran ketertiban umum.

Surat kabar Spanyol Sport melaporkan, para penggemar melemparkan benda-benda ke polisi dan hampir 3.000 kaleng bir, yang akan dijual di sekitar lapangan yang sibuk, telah disita.

Ribuan penggemar Liverpool tiba di Barcelona menjelang pertandingan penting antara kedua belah pihak.

Kedua klub telah memenangkan masing-masing lima piala Eropa, tetapi Barcelona levelnya lebih tinggi setelah mengantongi gelar La Liga ke-26 pada akhir pekan lalu.

KEYWORD :

Liverpool Liga Champions Barcelona Rasis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :