Senin, 24/06/2019 16:13 WIB

Nasib Odegaard, Dilempar ke Tim B hingga "Dibuang" ke Belanda

Pada 2015 silam, nama Martin Odegaard dielu-elukan setelah wonderkid asal klub Norwegia, Stromsgodset itu mendarat di Santiago Bernabeu

Martin Odegaard masuk menggantikan Cristiano Ronaldo (Foto: The18)

Madrid, Jurnas.com – Pada 2015 silam, nama Martin Odegaard dielu-elukan setelah wonderkid asal klub Norwegia, Stromsgodset itu mendarat di Santiago Bernabeu. Usianya kala itu masih belia. 16 tahun lebih satu bulan, semenjak merayakan ulang tahun ke-16-nya pada 17 Desember.

Sebelum bergabung dengan Los Blancos, Odegaard sudah mencatatkan namanya sebagai pemain termuda yang tampil di kualifikasi Piala Eropa untuk timnas Norwegia. Di usia 15 tahun pula, remaja berambut pirang itu berhasil mencetak lima gol dari total 23 penampilan bersama klub.

Hal itulah yang membuat sang ayah, Hans Erik, ogah berpikir panjang kala tawaran dari Real Madrid datang untuk Odegaard.

“Waktu saya masih jadi pemain dan Martin tidak lebih tua dari delapan tahun. Saya sedang berlari di lapangan. Ketika saya selesai, saya malah tidak bisa pulang sebelum dia melakukan 50 tembakan lagi,” kata Hans dikutip dari CNN.

Harapan Hans terkabul. Odegaard berhasil memakai kostum Madrid untuk kontrak berdurasi enam tahun. Namun sayang, posisinya bukan di tim utama. Madrid membuang wonderkid tersebut ke Real Madrid B.

Setelah dibuang ke tim B, Odegaard jarang disorot kamera. Malah, selama empat tahun terakhir dia hanya satu kali melakoni pertandingan La Liga bersama tim utama.

Manajemen Madrid akhirnya meminjamkan pemain tersebut ke klub Belanda Heerenveen pada 2017 silam, untuk mengasah kemampuannya. Dan setahun kemudian, dia dipinjamkan lagi ke klub Belanda lainnya, Vitesse.

Dan kini, memasuki penghujung musim 2018/2019, Odegaard sudah hampir pasti tak akan merumput di Bernabeu musim depan. Klub kabarnya sudah mempersiapkan peminjaman bintang Norwegia tersebut ke Ajax Amsterdam, karena belum masuk dalam rencana pelatih Zinedine Zidane.

Kabar ini disahihkan oleh media Belanda De Telegraaf. Odegaard yang digaji 80.000 per minggu konon masuk radar Ajax, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Frenkie De Jong, yang hijrah ke Barcelona.

“Dia (Zidane) memiliki beberapa musim yang sukses, dia tahu klub dan para pemain dengan baik,” ujar Odegaard menanggapi kabar peminjaman itu dilansir dari Marca pada Selasa (30/4).

“Bagi saya, ini juga positif karena saya mengenalnya dengan baik, dan kami memiliki hubungan yang baik satu sama lain,” tutup dia.

TAGS : Real Madrid Martin Odegaard




TERPOPULER :