Selasa, 23/04/2024 23:21 WIB

Ketika Gambar Merekam Lebih Kuat dari Ingatan

Perjalanan dan rentang kisah yang terjadi di Indonesia terekam kuat dalam pameran Kilas Balik 2018 yang dihelat oleh Antara Foto. 

Menteri Kominfo Rudiantara membuka acara pameran dan peluncuran Kilas Balik 2018 persembahan Antara (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Suasana Galeri Foto Jurnalistik Antara di bilangan Pasar Baru semalam (26/4) tampak ramai. Tiap dinding dipenuhi ragam foto yang mewarnai perjalanan selama tahun 2018.

Masing-masing bagian mewakili fenomena dan peristiwa yang terjadi selama kurun waktu setahun. Mulai dari tragedi bencana, alam, fauna, keunikan, selebrasi Asian Games hingga cerita politik menjadi highlight pameran yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Bagi Rudiantara, saat melihat foto-foto yang terekam saatnya menertawakan diri sendiri, bagaimana bisa mengapresiasi karya sembari tertawa.

Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan karya foto menjadi sebuah buku juga tak sedikit. Menurut Ketua Panitia Kilas Balik 2018 Aprillio Akhar, ia dan timnya membutuhkan waktu selama hampir untuk bisa mendapatkan foto sebanyak 100 ribu.

Lalu yang dijadikan buku jadi 300 foto dihasilkan dari 78 fotografer Antara se- Indonesia yang telah dikurasi, dan karya yang dipamerkan sebanyak 100 foto.

Proses mereka pun berbuah manis, tiap gambar mewakili fragmen kisah yang terjadi di Indonesia. Bahkan, tanpa melihat keterangan pun kita bisa menebak dan merasakan kejadian apa yang terekam.

"Kurasi yang kita lakukan selain gambar yang mewakili kejadian tertentu. Kita juga melihat gambar yang paling diminati karena ini tahun politik jadi banyak gambar momen politik dan juga selebrasi kemenangan saat Asian Games, bagaimana para atlet berekspresi atas kemenangan mereka," tutur Aprillio.

Kilas Balik 2018 persembahan Antara Foto ini tak ubahnya mengembalikan memori Anda yang mungkin pernah terlupakan atau terlewat khususnya hal-hal kecil tapi menarik dan sayang jika kita lewatkan.

KEYWORD :

Pameran Foto Foto Antara Kilas Balik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :