Sabtu, 25/05/2019 23:55 WIB

Agar Hair Styling Tak Bikin Rambut Anda Rusak

Definisi rambut sehat adalah berkilat, ujungnya rata tidak pecah dan kuat, apakah rambut Anda demikian?
 

Ilustrasi rambut rontok

Jakarta, Jurnas.com - Rambut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan, pria maupun wanita. Rambut harus senantiasa dijaga tetap sehat.

Definisi rambut sehat, seperti dijelaskan dr. Gloria Novelita SpKK, adalah berkilat, ujungnya rata atau tidak bercabang, dan kuat (tidak mudah rontok).

Struktur rambut terdiri dari kutikula, korteks dan medula. Kutikula ini bentuknya seperti sisik yang bertumpuk, bertujuan untuk melapisi korteks. Korteks adalah bagian penting rambut.

Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Di sini juga terkandung serat dan pigmen warna rambut. Kesehatan korteks tergantung dari kutikula.

Definisi rambut sehat adalah berkilat, ujungnya rata tidak pecah dan kuat. Secara medis dapat dijelaskan, ada alasan mengapa rambut sehat harus berkilat.

"Batang rambut dapat bersinar ketika terkena sinar matahari, karena permukaannya rata, sehingga ia bisa memantulkan sinar matahari dengan sempurna,” jelas dr. Grace dalam acara Media Talk “Bahaya Alat Hair Styling pada Rambut” yang diadakan Ellips Hair Vitamin di Jakarta, Senin (22/4).

Batang rambut dilindungi oleh kutikula. Kutikula tidak boleh terbuka, karena membuat korteks jadi terpapar dan mudah rusak. Salah satu penyebab kerusakan batang rambut adalah perawatan rambut atau hair styling, misalnya penggunaan catokan, hair dryer, alat curling dan sebagainya.

Dr. Grace menyarankan, jika memang harus menggunakan hair dryer setiap hari, maka perlu dilakukan perawatan rambut ekstra.

Simak caranya berikut ini yuk:

1. Perawatan internal dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan rambut misalnya vitamin A, vitamin C, pro vitamin B5.

2. Perawatan eksternal yaitu memberikan vitamin perlindungan rambut terutama di permukaan batang rambut.

3 Perawatan rambut sebaiknya dilakukan secara rutin karena bermanfaat untuk pencegahan maupun perawatan bagi rambut yang terlanjur rusak.

“Harus dipahami bahwa perawatan rambut tidak instan, harus dilakukan setiap hari. Apalagi hair styling saat ini juga hampir dilakukan setiap hari,” saran dr. Grace.

 

TAGS : Hair Styling Perawatan Rambut




TERPOPULER :