Senin, 27/05/2019 08:10 WIB

Makan Malam Bikin Gendut, Mitos atau Fakta?

Banyak orang menghindari makan malam karena dianggap dapat membuat berat badan cepat naik alias gemuk. Benarkah demikian?

Ilustrasi (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com – Banyak orang menghindari makan malam karena dianggap dapat membuat berat badan cepat naik alias gemuk. Benarkah demikian?

Dikutip dari Health, makan malam sebenarnya tidak membuat kamu gemuk, jika mengetahui waktu yang tepat, serta jenis makanan yang kamu makan.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat, maka risiko gemuk bisa ditekan. Nah, sebaliknya, jika kamu memilih makan junk food, apalagi langsung tidur setelah makan, siap-siap saja angka di timbangan bakal naik perlahan-lahan.

Adapun waktu ideal untuk makan malam ialah tiga jam sebelum tidur. Pun, jika tengah malam kamu merasa sangat lapar, dianjurkan untuk memilih makanan tinggi serat dan protein, serta rendah lemah.

Sementara diwartakan oleh Halodoc, terdapat studi yang menemukan bahwa makan malam dengan pola yang tepat, justru baik untuk kesehatan.

Salah satunya penelitian yang dilakukan pada atlet, yakni dengan mengonsumsi makanan ringan tinggi protein 30 menit sebelum tidur, dapat membantu proses pengeluaran energi. Hal ini berguna mempertahankan fungsi normal tubuh saat beristirahat.

Kemudian studi yang dilakukan pada kelompok perempuan obesitas. Konsumsi makanan ringan rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi serat sebelum tidur, dapat menurunkan nafsu makan di pagi hari, sehingga menurunkan asupan kalori harian.

TAGS : Makan malam Pola Hidup Gemuk




TERPOPULER :