Sabtu, 20/04/2019 15:15 WIB

Suhu Kamar Tidak Tepat Bikin Tidur Jadi Gelisah

Temperatur di atas 22 derajat celcius atau di bawah 15 derajat celcius umumnya berisiko menyebabkan kegelisahan tidur. 

ilustrasi tidur

Jurnas.com - Suhu kamar tidur yang tepat dapat meningkatkan kemampuan untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Christopher Winter, Direktur Medis di Charlottesville Neurology & Sleep Medicine, dilansir dari Huffington Post.

Winter mengatakan, suhu kamar untuk tidur berkualitas di malam hari pada kisaran 18 hingga 20 derajat celcius. Temperatur di atas 22 derajat celcius atau di bawah 15 derajat celcius umumnya berisiko menyebabkan kegelisahan tidur.

“Suhu tubuh secara alami meningkat selama 24 jam. Dengan angka tertinggi pada malam hari dan terendah sekitar jam 5 pagi. Ritme tidur akan dimulai saat suhu tubuh mulai, jadi ruangan yang dinginkan kita untuk tertidur, ”jelas Winter.

Berikut manfaat lain jika Anda tidur dengan suhu kamar yang tepat:

1. Membuat Anda terlihat awet muda

Tempat tidur lebih hangat dari 22 derajat celcius dapat melepaskan tubuh melatonin, hormon anti penuaan terbaik yang ada di dalam tubuh. Jadilah tertidur dengan ruang yang dingin, lebih mudah melepaskan melatonin.

2. Membantu menurunkan berat badan

Menurut dokter naturopati Natasha Turner, saat suhu tubuh sedang turun, ada hormon pertumbuhan yang dilepaskan dan hormon stres kortisol yang meningkat. Jika tidak cukup tidur, maka Anda akan terbangun dengan kadar kortisol tinggi, yang menjadikan Anda layak lapar dan meningkat.

3. Menurunkan risiko penyakit metabolik

Musim dingin menemukan tidur di kamar dengan suhu 19 derajat celcius dapat membantu mencegah penyakit metabolisme tertentu, seperti diabetes.

“Peserta studi tidak hanya menyediakan lebih banyak kalori tetapi juga memiliki dua kali lipat lebih banyak jumlah cokelat, lemak yang lebih banyak mengandung lebih banyak kalori. Seiring waktu, hal ini dapat menurunkan risiko penyakit metabolik, ”kata Winter.

TAGS : Suhu Kamar Kegelisahan Tidur




TERPOPULER :