Senin, 16/09/2019 11:50 WIB

Tak Sekadar Kopi, Rizky Hidupkan Kenangan Sang Nenek

Rahasia kopi nikmat yang kita teguk terletak tak hanya dari penampilan tapi juga rasa dan kenangan.

Tak hanya menawarkan kopi unik, Rahmad Rizky juga membawa tradisi membuat kopi dari keluarga (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Di tengah maraknya ragam kopi susu kekinian dengan citarasa masing-masing, Rahmad Rizky melalui Kisah Kopi menjadi salah satu peramu kopi yang unik. Meski tak menjalani waktu khusus mengolah kopi, Rizky belajar banyak dari sang Nenek.

Rizky menggunakan kopi robusta Lampung sebagai bahan utama kopi racikannya. Ada dua menu yang menjadi signature yakni Kopi Nyai yang artinya kopi Nenek dan Kopi Rajo Bandar yang dicampur susu plus gula aren.

Bagi Rizky citarasa kopi dengan gula aren jodohnya adalah kopi Robusta. "Sebab mau dicampurkan oleh rasa apapun, termasuk gula aren tidak menghilangkan rasa asli kopi yakni pahit," ucap Rizky saat ditemui Jurnas.com, Jumat (12/4) lalu.

Untuk soal penyeduhan, kata Rizky, ia belajar tidak hanya dari dalam dapur. Tetapi dari memperhatikan sang nenek, mulai dari cara memetik biji kopi hingga bagaimana cara menyeduhkan kopi untuk para tamu. 

"Bagaimana nenek menumbuk kopi secara tradisional, menambahkan beras kering saat menyangrai, dan mencampur rempah ke dalamnya," ujarnya.

Lebih lanjut, di mana Lampung yang menjadi salah satu daerah pengekspor kopi robusta terbesar di Indonesia, Rizky menuturkan bahwa robusta karya neneknya memiliki khas sendiri. Pasalnya, sang nenek memiliki keunikan bagaimana cara membuat kopi.  

Selain memiliki keunikan cara membuat kopi, Rizky juga menuturkan bahwa nenek tercintanya menilai kopi seperti sebuah etik dan estetika, bahkan semacam sesuatu yang luar biasa. "Berikanlah gelas pertama kopi kepada orang yang paling tua!" Kenang Rizky.

Kecintaannya terhadap kopi sudah terbangun sejak kecil. Di mana saat itu ia kerap diminta untuk menyeduhkan kopi kepada tamu-tamu yang datang ke rumahnya. 

"Kopi keluarga kami sangat khas. Robusta yang aku seduh (waktu itu), asli karya tangan nenekku, yang dipetik dari perkebunan sendiri di belakang rumah," ucapnya.

Membawa racikan sang nenek, Rizky pun yakin ia bisa mencuri perhatian para pecinta kopi. Sebagai bukti ia telah meluncurkan 1000 gelas kopi di Jakarta, yang kini sudah berjalan separuhnya. 

TAGS : Kopi Robusta Racikan Nenek Kisah Kopi




TERPOPULER :