Sabtu, 20/04/2024 13:44 WIB

Pola Makan Over-eating Berisiko bagi Kesehatan

Umumnya seseorang tidak tahu dengan pasti apakah jumlah makanan yang masuk sudah sesuai kebutuhan atau tidak.

Ilustrasi makanan sehat

Jakarta, Jurnas.com - Bukan lagi rahasia umum, kalau kebiasaan makan berlebihan bisa menimbulkan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas atau penyakit kardiovaskular.

Tapi kenyataannya, mengubah pola makan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan terutama bagi yang sudah menjadi kebiasaan.

Umumnya seseorang tidak tahu dengan pasti apakah jumlah makanan yang masuk sudah sesuai kebutuhan atau tidak, karena sulit mengukurnya sehingga terkadang ia tetap makan meski kebutuhannya sudah terpenuhi.

Meskipun tidak ada ukuran pasti seberapa banyak makanan yang tepat dikonsumsi, tapi hal ini masih bisa diketahui melalui perasaan masing-masing orang.

Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh termasuk dalam hal makan. Tapi sayangnya tak banyak orang yang menyadari. Untuk itu ketahui apa saja tanda yang muncul dari kelebihan makan (overeating).

Ahli kesehatan dan Nutrisi dr. Maria Charlotte, BMedSci mengatakan jika puasa merupakan sebuah kesempatan untuk kembali ke pola makan yang benar dan sehat tidak hanya untuk kesehatan kulit tapi juga kebugaran fisik.

"Pola makan over-eating berbahaya, tidak hanya bagi lambung, tetapi juga bagi keseluruhan kesehatan jasmani. Selain itu, pemilihan makanan secara non-selektif juga akan mempengaruhi kesehatan kulit," ucap Maria di acara peluncuran Sabai Sabai dan Kokoro SaladStop!

Menjaga pola makan dan asupan gizi menjadi tanggung jawab setiap pribadi di dalam menjaga kesehatan diri.

Untuk itu ketahui apa saja tanda-tanda yang muncul jika seseorang sudah kelebihan makan:

1. Mulai merasa kembung segera setelah makan
2. Merasa tidak nyaman setelah makan, padahal seharusnya makanan membawa perasaan kepuasan
3. Perut terasa penuh sehingga merasa ada sensasi seperti ingin muntah
4. Merasa malas dan mengantuk segera setelah makan, bahkan kadang merasa ingin berbaring di tempat tidur
5. Merasa haus tapi tidak bisa minum karena perut sudah merasa kembung atau penuh

KEYWORD :

Pola Makan Over Eating




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :