Rabu, 24/04/2024 00:58 WIB

Kim Jong Un Beri Kode ke AS untuk KTT Ketiga

Kim Jong Un menyatakan terbuka untuk pertemuan puncak ketiga dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada akhir tahun.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: AFP)

Pyongyang, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan terbuka untuk pertemuan puncak ketiga dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada akhir tahun.

Namun syaratnya, Amerika Serikat harus menawarkan persyaratan yang dapat saling diterima dalam kesepakatan tersebut.

Kantor Berita Pusat Resmi Korea Pyongyang pada Sabtu (13/4) mengatakan, pidato Kim datang selama sesi parlemen Korea Utara.

Dalam pidatonya, dia menyalahkan kegagalan KTT dengan Trump di Hanoi, Vietnam pada Februari lalu atas apa yang dia sebut sebagai tuntutan sepihak oleh Amerika Serikat. Namun dia mengatakan hubungan pribadinya dengan presiden Amerika tetap baik.

Kim mengulangi klaim sebelumnya bahwa ekonomi Korea Utara yang lumpuh akan bertahan melalui sanksi internasional yang berat, yang diberlakukan atas program senjata nuklirnya.

“Korut tidak akan terobsesi pada pertemuan puncak dengan Amerika Serikat karena kehausan akan bantuan sanksi,” jelas dia.

AS mengatakan pertemuan puncak itu gagal karena tuntutan berlebihan Korut, sebagai imbalan atas tindakan pelucutan senjata yang terbatas.

“Kami akan menunggu dengan sabar sampai akhir tahun bagi Amerika Serikat untuk membuat keputusan yang berani. Tetapi jelas akan sulit untuk peluang bagus seperti terakhir kali muncul,” tambah Kim.

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong Un Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :