Sabtu, 20/04/2024 09:44 WIB

Ragu Dirinya Orang Kaya, Miliarder Afrika Tarik Tunai Rp139 Miliar dari Bank

Dangote sendiri merupakan seorang taipan manufaktur yang memiliki berbagai perusahaan, mulai dari pabrik semen hingga tepung.

Mata uang euro (Foto: Greek Reporter)

Yamoussoukro, Jurnas.com - Seorang miliarder Nigeria Aliko Dangote, yang dikenal sebagai orang terkaya Afrika, mengaku pernah mengambil US$10 juta atau Rp139 miliar uang tunai dari bank, hanya untuk melihat dan memastikan bahwa ini adalah uang sungguhan, bukan hanya angka di atas kertas.

"Ketika Anda muda jutaan pertama Anda adalah penting, tetapi setelah itu, jumlahnya tidak banyak berarti," kata Dangote dikutip dari AFP.

Dangote sendiri merupakan seorang taipan manufaktur yang memiliki berbagai perusahaan, mulai dari pabrik semen hingga tepung.

"Suatu hari, saya mencairkan 10 juta, menaruhnya di bagasi mobil saya, menaruhnya di kamar. Saya melihat mereka dan berpikir `sekarang saya yakin saya punya uang` dan membawanya kembali ke bank pada hari berikutnya," tutur dia.

Selain anekdot, Dangote mengatakan bahwa dua sektor yang paling menjanjikan untuk masa depan Afrika adalah pertanian dan teknologi baru. Tetapi dia menyarankan pengusaha muda Afrika untuk tidak terbawa oleh kesuksesan pertama.

"Seringkali di Afrika kita menghabiskan pendapatan yang diproyeksikan. Ada pasang surut dalam bisnis," dia memperingatkan.

Dangote mengatakan dia menyesalkan masalah bea cukai dan administrasi, yang saat ini menghambat pengembangan bisnis di seluruh benua.

Sebagai contoh, ia mengutip kesulitan yang dihadapi kelompok semennya dalam mengekspor ke Benin dari pabrik-pabrik Nigeria yang berjarak 40 kilometer dari perbatasan. Benin, yang mengimpor semen lebih mahal dari China.

 

KEYWORD :

Miliarder Afrika Orang Kaya Uang Tunai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :