Sabtu, 20/04/2024 15:58 WIB

Arkeolog Mesir Hidupkan Kembali Patung Raksasa Firaun di Sohag

Ramses II adalah firaun ketiga dari Dinasti ke-19 Mesir dan dianggap sebagai firaun terkuat dari Kerajaan Baru yang membentang dari abad ke-16 SM hingga abad ke-11 SM.

Patung Ramses II yang merupakan Firaun ketiga (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Para arkeolog Mesir telah mengumpulkan 70 fragmen untuk menghidupkan kembali sebuah patung besar Ramses II di provinsi Sohag, Mesir.

Ramses II adalah firaun ketiga dari Dinasti ke-19 Mesir dan dianggap sebagai firaun terkuat dari Kerajaan Baru yang membentang dari abad ke-16 SM hingga abad ke-11 SM.

"Pekerjaan restorasi memakan waktu enam bulan dari konservator dan pemulih Mesir," ujar Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Kuno Mostafa Waziri, dilansir CGTN.

"Keajaiban untuk menyelesaikan kebangkitan patung setinggi 12 meter dan berat 43 ton itu dalam waktu singkat," tambahnya.

Menteri Barang Purbakala Mesir, Khaled al-Anany, berharap penghidupan kembali patung tersebut bersama dengan penemuan makam di kota Akhmim akan menarik lebih banyak wisatawan ke wilayah Sohag, sekitar 390 kilometer selatan Kairo.

Kholod Hussein, spesialis restorasi di situs Akhmim, mengatakan, fragmen undang-undang telah tersebar di dalam situs selama bertahun-tahun.

"Saya tidak pernah membayangkan potongan-potongan kecil itu akan dibawa secara kolektif dalam satu blok," kata Hussein.

Hussein adalah salah satu dari 14 anggota tim yang bekerja setiap hari selama lebih dari 12 jam. Dia menganggap upacara pembukaan patung itu sebagai "pesta pernikahannya."

Hussein mengatakan menata potongan-potongan saat memanjat patung dengan jubah adalah bagian yang paling sulit baginya terutama saat malam yang dingin.

Sementara itu, Mahmoud Refai, pemulih lain menunjukkan bahwa tim telah mengumpulkan patung di tanah terlebih dahulu. Kemudian mereka mulai mengatur potongan-potongan dari bagian bawah tubuh.

Dia menekankan semua anggota tim berasal dari provinsi Sohag. "Kita telah dilahirkan dikelilingi oleh warisan besar ini dan tugas kita sekarang adalah melestarikannya untuk generasi mendatang," tambahnya.

KEYWORD :

Patung Firaun Arkeolog Mesir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :