Jum'at, 26/04/2024 02:53 WIB

PCNU Lumajang Protes Sandiaga Uno Bawa Bendera NU Berkampanye

Sandi tampak mengibarkan bendera Nahdlatul Ulama (NU) di sela-sela orasinya. Inilah yang membuat PCNU Lumajang keberatan.

Nota Keberatan PCNU Lumajang kepada Cawapres Sandiaga Uno

Lumajang, Jurnas.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumayang melayangkan surat protes kepada Cawapres 02 Sandiaga Uno lantaran membawa-bawa bendera Nahdlatul Ulama saat kampanye di Lumajang, Jawa Timur, pada 4 April 2019.

Dalam kampanye itu, Sandi tampak mengibarkan bendera Nahdlatul Ulama (NU) di sela-sela orasinya. Inilah yang membuat PCNU Lumajang keberatan.

"Kami keluarga besar NU Kabupaten Lumajang menyampaikan kekecewaan dan nota keberatan yang sangat dalam atas tindakan penyalahgunaan bendera NU," ujar Rais PCNU Lumajang, M. Husni Zuhri, Sabtu (6/4/2019).

Kekecewaan PCNU ini dituangkan dalam nota keberatan yang ditandatangani empat pimpinan inti PCNU Lumajang yakni Ketua PCNU Moh Mas`ud, Sekretaris Mughits Naufal, Katib Moh. Darwis dan Rais, M. Husni Zuhri.

Menurut Zuhri, tindakan pengibaran bendera NU dalam kegiatan kampanye politik semacam itu adalah bentuk pelecehan kepada jam`iyah NU yang dapat menimbulkan gesekan horisontal di tengah masyarakat.

Ia menjelaskan, bendera NU adalah kehormatan jam`iyah Nahdlatul Ulama yang merupakan hasil istkhoroh para muassis jam`iyah Nahdlatul Ulama. Bendera NU juga dianggap mencerminkan nilai-nilai luhur dan harokah perjuangan NU dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

KEYWORD :

Lumajang Sandiaga Uno Bendera NU




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :