Kamis, 25/04/2024 19:43 WIB

Atlet Pimpong 93 Tahun Ini Berambisi Juara Dunia Sekali Lagi

Pria lanjut usia ini merupakan seorang atlet pingpong amatir berusia 93 tahun dari Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China barat daya.

Chen Yongning (Foto: People Daily)

Beijing, Jurnas.com – “Dengan satu kejuaraan dunia lagi, saya dapat mengajukan permohonan untuk Guinness World Records,” tutur Chen Yongning dengan nada optimistis.

Pria lanjut usia ini merupakan seorang atlet pingpong amatir berusia 93 tahun dari Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China barat daya.

Dengan pengalaman selama 80 tahun dan raket yang ia beli dari toko alat tulis seharga 15 yuan atau Rp30.810, Chen pernah memenangkan dua Kejuaraan Veteran Dunia pada 2016 dan 2018.

“Aku tidak lelah. Aku bermain dengan tangan dan lenganku, dan kakiku tidak bergerak. Hal itu sama sekali tidak berat,” ucap Chen setelah bermain pingpong selama 40 menit dengan seorang pemain muda bernama Ye.

“Chen kuat secara fisik. Dia biasanya bisa bermain beberapa pertandingan dengan kami,” ujar Ye.

Ye mengatakan, meskipun orang tua itu kerap bermasalah dengan sakit pinggang, Chen tetap bermain energik.

“Chen adalah pemain yang rajin. Selama dia tinggal di Kota Sandaoyan, dia akan bermain ping pong di pangkalan ini setiap hari,” kata rekan pimpong Chen lainnya, Zeng Junxian dari Kota Sandaoyan, Distrik Pidu di Chengdu.

Zeng mengungkapkan bahwa Chen pandai melakukan trik penhold panjang pip, yang sulit dimainkan oleh pemain biasa.

Dikutip dari People’s Daily, Chen mulai bermain ping pong ketika dia berusia 13 tahun. Ketika pertama kali bermain dengan teman-teman di taman bermain sekolahnya, kepala sekolah melihat Chen dengan cermat mengikuti aturan permainan yang sedang dia mainkan, sementara anak-anak lain mencoba saling mempermainkan satu sama lain.

Melihat bakat terpendam Chen, kepala sekolah memanggilnya, memberinya bola dan raket, dan meminta Chen untuk bermain dengannya.

Chen tidak tahu cara bermain ping pong pada saat itu, jadi dia hanya mengikuti pimpinan kepala sekolah. Sejak saat itu, kata Chen, dia ketagihan.

Ketika tumbuh dewasa, Chen bekerja di Shanxi Agricultural College (sekarang bernama Shanxi Agricultural University), di mana ada fasilitas pingpong yang sangat baik.

Dia mengasah keterampilannya dan mengambil bagian dalam berbagai kompetisi di waktu luangnya, memenangkan sejumlah medali lokal.

Ketika ditanya berapa lama dia akan terus bermain, Chen mengatakan dia akan terus bermain sampai dia berusia 100 tahun.

KEYWORD :

Atlet Pimpong Chen Yongning Juara Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :