Rabu, 24/04/2019 07:07 WIB

Korea Selatan Ikuti China Luncurkan Layanan 5G

Perusahaan penerbangan Korea Selatan telah menghabiskan milyaran untuk kampanye pemasaran 5G dan, pada hari Rabu, SK Telecom memamerkan bintang-bintang K-pop dan peraih medali emas Olimpiade sebagai pelanggan 5G pertamanya.

Logo Jaringan 5G

Jakarta, Jurnas.com - Korea Selatan akan menjadi salah satu negara pertama yang secara komersial meluncurkan layanan generasi kelima (5G) saat meluncurkan teknologi nirkabel terbaru dengan smartphone baru Samsung Galaxy S10 yang berkemampuan 5G Galaxy S10.

Dengan salah satu tingkat penetrasi smartphone teratas dunia, Korea Selatan berpacu dengan China, Amerika Serikat, dan Jepang untuk memasarkan 5G, berharap teknologi ini akan memacu terobosan di bidang-bidang seperti kota pintar dan mobil otonom, dan mendorong pertumbuhan ekonominya, yang melambat ke level terendah enam tahun pada 2018.

"Sangat berarti bahwa perusahaan-perusahaan telekomunikasi Korea Selatan menyediakan layanan dan jaringan yang memenuhi standar tinggi pelanggan Korea Selatan dalam kecepatan dan kualitas gambar," kata Ryu Young-sang, wakil presiden eksekutif di operator seluler terkemuka negara itu SK Telecom dilansir CGTN.

Beberapa jam setelah pengumuman itu, perusahaan telekomunikasi AS Verizon Communications Inc. mengatakan pada Rabu meluncurkan layanan 5G pada ponsel di dua kota, meningkatkan jadwalnya seminggu.

"Untuk pertama kalinya, pelanggan dapat mengakses jaringan 5G komersial dengan smartphone 5G yang tersedia secara komersial pertama di dunia," kata Verizon.

Operator AS meluncurkan layanan 5G di area terbatas dan tidak di semua perangkat pada awal tahun lalu. "Kami meluncurkan jaringan 5G seluler pertama beberapa bulan yang lalu dan kami telah menindaklanjutinya dengan yang pertama, termasuk kecepatan 1 manggung pekan lalu dengan lebih banyak kota yang akan segera hadir," kata juru bicara AT&T, yang membantah klaim 5G pertama Korea Selatan.

Perusahaan telekomunikasi dan media AT&T Inc mengatakan ini adalah yang pertama untuk meluncurkan jaringan 5G "komersial dan berbasis standar" pada Desember 2018. Layanan ini tersedia untuk perangkat hotspot seluler tetapi belum pada ponsel pada 21 Desember di 12 kota.

5G akan mengubah lanskap industri game karena memungkinkan game streaming dengan penundaan minimal untuk dimainkan di smartphone, kata Ryu dari SK Telecom.

Teknologi ini dapat menawarkan kecepatan data 20 kali lebih cepat daripada jaringan 4G jangka panjang (LTE) dan dukungan yang lebih baik untuk kecerdasan buatan dan realitas virtual dengan latensi rendah. Terkadang dapat menawarkan kecepatan 100 kali lebih cepat.

Perusahaan penerbangan Korea Selatan telah menghabiskan milyaran untuk kampanye pemasaran 5G dan, pada hari Rabu, SK Telecom memamerkan bintang-bintang K-pop dan peraih medali emas Olimpiade sebagai pelanggan 5G pertamanya.

SK Telecom bekerja dengan afiliasi pembuatan chip memori SK Hynix untuk membangun pabrik yang sangat digital dan terhubung yang didukung oleh teknologi 5G, kata Ryu.

Operator mengharapkan sekitar satu juta pelanggan 5G pada akhir 2019. Ia memiliki total 27 juta pengguna.

Pesaing yang lebih kecil, KT Corp, akan menawarkan paket yang lebih murah daripada layanan LTE-nya, dengan data tanpa batas dan cicilan empat tahun untuk membeli perangkat 5G.

Samsung adalah yang pertama membuka ponsel 5G pada Februari ketika meluncurkan Galaxy S10 5G dan smartphone lipat hampir 2.000 dolar AS, menempatkan pembuat smartphone top dunia berdasarkan volume di posisi terdepan dalam perlombaan 5G, beberapa analis mengatakan.

Saingan lokal yang lebih kecil LG Electronics Inc. berencana untuk merilis smartphone 5G di Korea Selatan akhir bulan ini.

TAGS : Layanan 5G Korea Selatan




TERPOPULER :