Selasa, 24/09/2019 15:45 WIB

Ilmuwan Temukan Protein Ajaib Bikin Kulit Awet Muda

Ilmuwan baru saja menemukan bahwa kulit manusia bisa `dipaksa` tetap awet muda, meskipun usia sudah memasuki usia tua.

Kulit (Foto: Sheknows)

New York, Jurnas.com – Ilmuwan baru saja menemukan bahwa kulit manusia bisa `dipaksa` tetap awet muda, meskipun usia sudah memasuki usia tua.

Sebuah protein bernama COL17A1 mampu memperlambat penuaan pada kulit, dan menjaga kulit tetap utuh, serta tidak rusak.

Protein tersebut bekerja dengan mendorong persaingan antar sel, yang merupakan proses kunci untuk menjaga kebugaran jaringan. Protein juga secara efektif mengusir sel yang lebih lemah, sembari mendorong replikasi sel yang lebih kuat.

Dikutip dari AFP, umumnya seiring bertambahnya usia, kandungan protein COL17A1 mengalami penipisan karena beberapa hal, salah satunya radiasi sinar ultraviolet (UV).

Dan ketika itu terjadi, maka sel-sel yang lebih lemah bereplikasi yang membuat kulit lebih tipis, lebih rentan rusak, dan lebih lambat sembuh.

Setelah mengonfirmasi pentingnya COL17A1, tim peneliti memutuskan untuk menyelidiki apakah mereka dapat merangsang protein itu setelah habis, atau dengan kata lain mencari senyawa yang dapat memulai proses anti-penuaan pada kulit.

Mereka mengisolasi dua senyawa kimia Y27632 dan apocynin, dan menguji keduanya pada sel kulit dengan hasil positif.

“Aplikasi obat-obatan ini untuk luka kulit secara signifikan mendorong perbaikan luka,” demikian hasil penelitian itu.

“Kedua senyawa tersebut menunjuk pada cara-cara memfasilitasi regenerasi kulit dan mengurangi penuaan kulit,” imbuh studi tersebut.

Dalam ulasan studi yang dipublikasikan oleh majalah Nature, dua profesor dari University of Colorado mengatakan kompetisi sel sebelumnya hanya dipelajari secara ekstensif pada lalat buah.

“Penelitian ini membuktikan bahwa sel-sel sehat pada mamalia juga dapat secara efisien mengisi kembali jaringan orang dewasa, menggantikan sel-sel yang tidak layak atau rusak,” tulis profesor Ganna Bilousova dan James DeGregori.

Dan mereka mengatakan penelitian menawarkan "bukti prinsip" bahwa dua senyawa kimia dapat memerangi penuaan.

TAGS : Protein Ajaib Awet Muda Kulit Mulus




TERPOPULER :