Jum'at, 26/04/2024 04:51 WIB

Pemimpin Oposisi Guaido Terancam Bui

Tetapi apakah pemerintahan Presiden Nicolas Maduro akan mengambil tindakan terhadap legislator berusia 35 tahun itu masih belum jelas.

Guaido juga dituduh menghasut kekerasan yang terkait dengan protes dan menerima dana ilegal dari luar negeri. (Foto: Carlos Jasso / Reuters)

Venezuela, Jurnas.com - Legislator Venezuela melucuti Juan Guaido dari kekebalan hukum. Ia membuka jalan bagi penuntutan pemimpin oposisi dan potensi penangkapan karena diduga melanggar konstitusi setelah menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.

"(Penuntutan Guaido) secara resmi disahkan," kata kepala Majelis Konstituante, Diosdado Cabello setelah pemilihan majelis pada Selasa (2/4) waktu setempat.

Tetapi apakah pemerintahan Presiden Nicolas Maduro akan mengambil tindakan terhadap legislator berusia 35 tahun itu masih belum jelas.

Guaido memulai kampanye internasional untuk menggulingkan pemerintahan Maduro di tengah-tengah meningkatnya kerusuhan sosial di negara itu yang dilanda pemadaman listrik hampir sebulan.

Ia menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela pada Januari, dan berjanji akan menggulingkan Maduro. Sejauh ini, Maduro tak ingin  memenjarakan pria yang pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan sekitar 50 negara lainnya diakui sebagai pemimpin sah Venezuela.

Cabello menuduh pihak oposisi secara naif mengundang invasi asing dan menghasut perang saudara. "Mereka tidak peduli dengan kematian. Mereka tidak memiliki gagasan sedikit pun tentang apa konsekuensi perang bagi suatu negara," kata Cabello.

Majelis Konstituante bertemu sehari setelah sekutu Maduro dan Mahkamah Agung Venezuela Maikel Moreno memerintahkan badan legislatif untuk mencabut kekebalan Guaido karena melanggar perintah yang melarangnya meninggalkan negara itu ketika sedang diselidiki oleh jaksa agung.

Pemimpin oposisi juga dituduh menghasut kekerasan yang terkait dengan protes jalanan dan menerima dana ilegal dari luar negeri.

Konstitusi menjamin kekebalan bagi pejabat terpilih dan mengatakan bahwa untuk menarik kekebalan, legislator harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di hadapan Mahkamah Agung. Tindakan tersebut harus disetujui  Majelis Nasional - langkah-langkah yang tidak diambil dalam kasus Guaido.

Maduro menyalahkan Washington karena berusaha menggulingkannya dan memasang pemerintahan boneka Guaido yang bertujuan merebut cadangan minyak Venezuela yang besar.

KEYWORD :

Konflik Venezuela Juan Guaido Nicolas Maduro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :