Rabu, 16/10/2019 01:46 WIB

"Presiden" Komedian Volodymyr Zelensky Menang Pilpres Ukraina

Menurut hasil sementara, Zelensky meraup 30,4 persen dan Poroshenko 17,8 persen suara

Komedian Volodymyr Zelensky

Kiev, Jurnas.com - Komedian Volodymyr Zelensky telah  memenangkan pemilihan presiden putaran pertama di Ukraina. Sementara lawannya, Presiden Petro Poroshenko menempati urutan kedua.  Angka itu setelah penutupan pemungutan suara pada Minggu, (31/3) pukul 20.00 waktu setempat.

Menurut hasil sementara, Zelensky meraup 30,4 persen dan Poroshenko 17,8 persen suara. Sedangkan lawan politik lainnya, mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko meraih 14,2 persen suara.

Volodymyr adalah seorang politikus, penulis skenario, aktor dan sutradara film asal Ukraina. Enam bulan sebelum mengumumkan pencalonannya pada 31 Desember 2018, ia sudah menjadi salah satu kandidat terdepan dalam jajak pendapat untuk pemilihan.

Zelensky berperan sebagai Presiden Ukraina dalam serial televisi yang sangat populer, Servant of the People. Partai politik Servant of the People dibentuk pada bulan Maret 2018 oleh orang-orang dari perusahaan produksi TV Kvartal 95 yang juga menciptakan serial TV dengan nama yang sama.

Pada pemunggutan suara, jika tidak ada kandidat yang menerima 50 persen suara, pemilu putaran kedua akan digelar pada 21 April. Pemilu tidak diadakan di wilayah Donbass dan Krimea di timur dan selatan negara itu.

Masalah politik dan ekonomi Ukraina meningkat ketika Krimea dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada 2014 dan sebuah gerakan separatis meletus di Donbass.

Pemilu itu adalah yang kedua sejak demonstrasi tahun 2013 yang diikuti oleh pengambilalihan kekuasaan oleh pemerintahan pro-Barat di Ukraina. (AA)

TAGS : Politik Ukraina Komedian Volodymyr Zelensky




TERPOPULER :