Kamis, 18/04/2024 22:56 WIB

Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara Alami Penurunan

Secara keseluruhan, ada penurunan 24 persen dalam kegiatan pra-konstruksi pembangkit listrik berbahan bakar batubara tahun-ke-tahun, menemukan survei tahunan kelima dari pabrik batubara baru

Ilustrasi pembangkit listrik tenaga batu bara (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Terkenal karena menyebabkan emisi besar yang berkontribusi terhadap pemanasan global, jumlah pembangkit listrik tenaga batu bara telah berkurang secara drastis dalam tiga tahun terakhir.

Pemerintah di seluruh dunia enggan untuk memerintahkan pembangkit listrik berbahan bakar fosil untuk menjaga kenaikan suhu global dalam 2 derajat Celcius. Akibatnya, hal itu menyebabkan pengurangan 39 persen dalam konstruksi pembangkit listrik tenaga batu bara baru dari 2017, dan penurunan 84 persen sejak 2015.

Dilansir CGTN, dengan 85 persen besar kapasitas daya yang dihasilkan dari batubara di China dan India, sejak 2015, kedua negara juga telah menolak izin untuk pembangkit batubara baru.

Secara keseluruhan, ada penurunan 24 persen dalam kegiatan pra-konstruksi pembangkit listrik berbahan bakar batubara tahun-ke-tahun, menemukan survei tahunan kelima dari pabrik batubara baru, berjudul Boom dan Bust 2019: Melacak Pipa Batubara Global.

Terlepas dari baru dan pra-konstruksi, jumlah pensiun pembangkit listrik berbahan bakar batubara berlanjut dengan cepat. AS menyumbang lebih dari setengah persentase nasional tertinggi global dan kedua dalam catatan untuk menghapuskan unit pembangkit listrik tersebut.

Penutupan itu datang meskipun ada upaya oleh administrasi Trump untuk mencegah penutupan pabrik yang menua, laporan itu disiapkan bersama oleh Global Energy Monitor, Sierra Club, dan Greenpeace mengatakan.

"Karena biaya solusi energi bersih dan terbarukan seperti angin dan matahari terus melebihi bahan bakar fosil yang sudah ketinggalan zaman, hanya masalah waktu sebelum batu bara menjadi bagian dari masa lalu di seluruh dunia," kata Neha Mathew-Shah, dari Program Internasional Sierra Club.

Tahun lalu, Uni Eropa menghapus hampir 3,7 GW kapasitas pembangkit listrik berbahan bakar batubara, dengan Inggris berkontribusi 2,8 GW. Tenaga berbasis batubara di negara ini telah menurun dari 39 persen dari total pembangkit listrik pada 2012 menjadi hanya lima persen pada 2018.

China berencana untuk meningkatkan pembangkit listrik oleh pembangkit listrik tenaga batu bara untuk memenuhi permintaan energi yang meningkat. Ini adalah suplemen untuk upaya berkelanjutan yang ambisius dalam memperoleh energi dari fasilitas pembangkit tenaga surya, angin, hidrolik dan nuklir.

Rencana sedang dilakukan untuk membatasi daya batubara pada 1.300 GW pada tahun 2030, menurut laporan yang dirilis oleh laporan Dewan Listrik Cina yang dirilis awal bulan ini.  

KEYWORD :

Pembangkit Listrik Batu Bara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :