Sabtu, 20/04/2024 04:41 WIB

Pemberontak Tewas Saat Bentrokan di Jammu Kashmir

Pasukan keamanan India pagi ini melancarkan operasi di daerah Budgam setelah mendapatkan sebuah laporan dari warga

Penjagaan tentara India

Ankara, Jurnas.com - Dua pemberontak tewas dan empat tentara India terluka dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan pemberontak di wilayah Jammu Kashmir, India, Jumat.

Harian Hindustan Times melaporkan pasukan keamanan pagi ini melancarkan operasi di daerah Budgam setelah mendapatkan sebuah laporan dari warga.

Sementara bentrokan di daerah itu telah berakhir untuk waktu, sedang otoritas mengungkapkan operasi keamanan di daerah itu masih berlanjut. Dua senapan milik para pemberontak telah disita.

Di sisi lain, layanan internet di wilayah Srinagar dan Budgam ditangguhkan karena alasan keamanan. Empat pemberontak tewas dalam bentrokan di daerah Shopian dan Kupwara kemarin.

Kashmir, wilayah Himalaya dengan mayoritas penduduk Muslim, terbagi menjadi area yang diduduki India dan Pakistan, serta sebagian kecil diduduki Cina.

India dan Pakistan telah berperang 3 kali – pada 1948, 1965 dan 1971 – sejak berpisah pada 1947, dua pertempuran itu terkait Kashmir. Kelompok pemberontak di Jammu dan Kashmir terus berjuang untuk kemerdekaan dari kuasa India, atau untuk bergabung dengan Pakistan.

Lebih dari 70.000 orang telah tewas dalam konflik itu sejak 1989. India menempatkan lebih dari setengah juta tentara di area yang disengketakan itu. (AA)

KEYWORD :

Pemberontak India Bentrok Jammu Kashmir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :