Sabtu, 20/04/2024 15:53 WIB

Salurkan Bantuan Rp27 Miliar, Kementan Ajak Cirebon Tebar Bibit Unggul

Bantuan ini sekaligus upaya dan solusi permanen untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas bantuan pertanian di GOR Ranggajati pada Kamis (28/3).

Cirebon, Jurnas.com - Kementerian Pertanin (Kementan) melanjutkan acara Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019 di Cirebon, Jawa Barat.

Kali ini bertempat di GOR Ranggajati pada Kamis (28/3). Dalam acara tersebut, Kementan menyalurkan bantuan senilai Rp27 miliar.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan, bantuan ini sekaligus upaya dan solusi permanen untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Hari ini kita bawa 340 ribu ekor ayam untuk petani, santri, dan masyarakat di Cirebon. Kemudian ada juga 3.000 bibit mangga. Ada juga benih padi, traktor dan dryer," kata Mentan.

"Kami sudah membuka akses agar santri mendapat program Kementan. Tahun ini, ada satu juta ayam khusus untuk pesantren atau 500 ayam untuk setiap pesantren, berikut kandang, pakan dan vaksin selama 6 bulan," tambahnya.

Mentan berharap, seluruh bantuan tersebut mampu mendongkrak peningkatan sektor pertanian di Cirebon. Apalagi, kata dia, wilayah Cirebon memiliki banyak potensi terhadap kecukupan pangan nasional.

"Jawa Barat adalah lumbung pangan dan pemberi pangan Indonesia. Tapi ingat, Cirebon juga penentu pangan Jawa Barat dan Indonesia," katanya.

Warwan, salah satu petani penerima bantuan Kementan terlihat sumringah setelah mendapat 50 ekor bibit ayam untuk dikembang biakan. Marwan merasa senang karena bibit ayam ini menjadi harapan dan tumpuan perekonomian.

"Saya bersyukur karena diberi kesempatan untuk mengembangkan bantuan ayam dari pemerintah," kata Marwan saat menghadiri

Marwan mengatakan, bantuan ini diharapkan menjadi titik awal untuk mewujudkan cita-citanya menjadi peternak besar. Meski butuh usaha dan kerja keras, namun proses itu tetap akan ia tempuh sebagai wujud dari semangat yang terus menggebu.

"Seperti yang dikatakan pak Menteri (Andi Amran Sulaiman), bahwa kita kalau mau sukses harus bangun jam 4 subuh dan pulang jam 11 malam. Nah, saya masih punya semangat itu," katanya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Bantuan Alsintan Petani Cirebon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :