Sabtu, 20/04/2024 01:21 WIB

Buruh Tani Kuningan Merasakan Manfaat Traktor Kementan

Abdul Hamid, begitu buruh tani itu disapa menyambut baik mengaku diuntungkan bantuan traktor Kemterian Pertanian meski harus merogoh kocek.

Abdul Hamid, buruh tani Kadugede saat ditemui (Foto: Supi: Jurnas.com)

Kadugeda, Jurnas.com - Salah satu buruh tani Desa Kagugede, Kecamatan Kagugede, Kabupaten Kuningan kini sudah tak perlu lagi menguras tenaganya untuk menggarap lahan sawahnya. Hal itu berkat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang digulirkan selama ini.

Abdul Hamid, begitu buruh tani itu disapa menyambut baik bantuan itu. Ia mengaku diuntungkan bantuan traktor Kemterian Pertanian (Kementan) meski harus merogoh kocek.

"Kalau untuk mengelola lahan sawah kami menggunakan traktor, karena biayanya lebih murah dan yang terpenting lebih cepat. Kalau kita nyangkul aduuuh lama sekali. Biayanya juga lebih hemat dan yang terpenting lebih cepat," kata Abdul kepada Jurnas.com.

Ia menjelaskan, untuk membajak sawah menggunakan cangkul atau kerbau dalam satu petak minimal harus merogoh Rp500.000. Sementara menggunakan traktor hanya mengeluarkan biaya Rp100.000- Rp120.000.

"Alhmadullill produksi kita juga lebih meningkat mas. Harga gabah kering kami juga Rp5.000 per kg. Mudah-mudahan pemerintah bisa menaikkan lagi jadi Rp6.000," kata Abdul.

Di sela kunjungan kerja Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019 di Desa Kagugede, Kecamatan Kagugese, Kabupaten Kuningan, Kamis (28/3), Abdul juga menyampaikan bahwa beberapa bantuan pemerintah hanya mampir di kelompok tani.

"Iya Mas. Bantuan pemerintah selalu masuk, baik itu pupuk, pompa air dan alat mesin pertanian. Tapi kadang-kadang bantuan, seperti pupuk dijual lagi. Jadi kami nggak bisa merasakan," katanya Abdul Hamid dengan dialek khas Sundannya.

Selain itu, ia juga mengaku lahan pertanian Kadugede kian menyusut. Memang terlihat disekitar hektaran lahan sawah itu banyak bangunan-bangunan baru, seperti bangunan sekolah, lapangan dan perumahan lainnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Buruh Tani Bantuan Alsintan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :