Sabtu, 20/04/2024 01:22 WIB

India Lelang Barang-barang Milik Buronan

Lelang mengatakan penjualan itu adalah yang pertama dari jenisnya di negara di mana otoritas pajak biasanya melelang properti, emas, dan barang mewah, tetapi bukan seni.

Ilustrasi bendera India

Jakarta, Jurnas.com - Otoritas pajak India berharap untuk rejeki nomplok dengan lelang pada hari Selasa lukisan minyak langka yang pernah menjadi bagian dari koleksi perhiasan miliarder buronan Nirav Modi dan telah disita oleh pemerintah.

Lelang mengatakan penjualan itu adalah yang pertama dari jenisnya di negara di mana otoritas pajak biasanya melelang properti, emas, dan barang mewah, tetapi bukan seni.

Setelah perintah pengadilan yang memungkinkan pelelangan berlangsung, otoritas pajak, yang mengejar Modi atas penipuan bank terbesar di negara itu, menunjuk rumah lelang profesional Saffronart.

Penjualan 68 karya di Mumbai diperkirakan akan menghasilkan 300 juta hingga 500 juta rupee ($ 4,4 juta - $ 7,3 juta).

"Sampai beberapa tahun yang lalu, otoritas pajak benar-benar tidak tahu nilai seni," kata Farah Siddiqui, seorang penasihat seni yang menasehati klien mengamati koleksi Modi dilansir Reuters.

Modi yang berusia 48 tahun, yang berliannya berkilau pada bintang-bintang Hollywood, adalah salah satu perdana menteri yang dituduh melakukan penipuan pinjaman senilai $ 2 miliar di Punjab National Bank yang dikelola pemerintah. Modi menyangkal tuduhan itu dan percaya bahwa mereka bermotivasi politik.

Lelang itu datang hanya beberapa minggu sebelum pemilihan nasional dan ketika Perdana Menteri India Narendra Modi menghadapi tekanan untuk membawa kembali Nirav Modi (tidak ada hubungan), yang melarikan diri dari negara itu tahun lalu dan telah tinggal di Inggris.

Dia ditangkap pekan lalu oleh otoritas Inggris dan ditahan setelah dia muncul di hadapan pengadilan London. India meminta Inggris Agustus lalu untuk mengekstradisi Modi.

Pelelangan itu mencakup karya-karya Raja Ravi Varma, seorang pelukis abad ke-19 yang dianggap sebagai yang terbaik di India, dan VS Gaitonde, seorang seniman modern yang dikenal karena lukisan abstraknya dan seringkali monokromatik.

"Kami percaya bahwa nilai intrinsik koleksi akan mendapat respons positif dari para kolektor," kata Kepala Eksekutif Saffronart Dinesh Vazirani.

KEYWORD :

Lelang Barang India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :