Jum'at, 19/04/2024 20:27 WIB

Kunker Karawang, Menteri Amran: Kami Datang Membawa Bukti Nyata

Bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) di era Jokowi-JK selama empat tahun setengah sebanyak Rp527 miliar di Karawang. 

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam acara Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019, di Lapangan Bola Desa Pacing, Kecematan Jatisari, Kabupaten Karawang, Selasa (26/3).

Karawang, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) Andi Amran Sulaiman kembali menyalurkan bantuan lima ribu pohon bibit kelapa unggul lokal dengan produksi dua setengah ton per hektare di Karawang.

Bantuan itu diserahkan dan disaksikan langsung Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dalam acara Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019, di Lapangan Bola Desa Pacing, Kecematan Jatisari, Kabupaten Karawang, Selasa (26/3).

Bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) di era Jokowi-JK selama empat tahun setengah sebanyak Rp527 miliar di Karawang. Khusus alat mesin pertanian (Alsintan) sudah disalurkan sebanyak 1240 unit.

"Hari ini ada bantuan bibit kelapa kurang lebih 50 truk kami bawa langsung. Kami tidak ingin datang hanya membawa janji tapi membawa buktinya," tegas Amran yang disambut riuh warga Karawang.

Dalam kurung empat tahun terakhir, Kementan sudah melakukan secara optimal menuju swasembada dan mendorong peningkatan ekspor melalui moderniasai dan mekanisasi pertanian.

"Ekspor kita meningkat 29 persen dan itu hasil kerja kita semua. Pendapatan kita naik dari Rp900 triliun dan tahun 2014 meningkat menjadi Rp1462 triliun. Itu peningkatan luar biasa," jelas Amran.

Untuk mengentaskan kemiskinan, Kementan melalui program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) menyalurkan bantuan sebanyak 400.000 ribu ekor ayam, lengkap dengan kandang, pakan dan vaksinnya selama enam bulan atau selama ayam itu bertelur.

"Ke depan, kami ingin percepat bantuan khusus saudaraku dan sahabatku yang berada dibawah garis kemiskinan. Kami berikan ayam 50 ekor per rumah tangga lengkap dengan kandang, pakan dan vaksin. Semuanya gratis hingga ayamnya bertelur," ujar Amran.

Selain, Kementan juga menyalurkan bantuan lainnya, seperti alat mesin pertanian, benih cabai rawit, cabai keriting, mangga, jagung manis, padi inbrida dan domba.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Bantuan Alsintan Petani Karawang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :