Selasa, 23/07/2019 07:31 WIB

Cegah Ginjal dengan Hidrasi Sehat

Dari satu juta orang Indonesia, terdapat 3.800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis.

Ilustrasi air putih (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Berdasarkan data International Society of Nephrology (ISN), lebih dari 850 juta orang di dunia mengidap penyakit ginjal. Jumlah ini adalah dua kali lipat dari jumlah pengidap diabetes (422 juta) dan 20 kali lebih banyak dari prevalensi kanker (42 juta) di dunia.

Di Indonesia sendiri, prevalensi penyakit ginjal kronis di Indonesia mencapai angka 3,8 permil. Angka tersebut meningkat dari 2,0 permil di tahun 2013 yang berarti ada 3.800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis dari satu juta orang (Riskesdas 2018).

“Saya senang bisa hadir di acara hari ini karena gaya hidup sehat, hidrasi sehat, olah raga yang cukup, dan makan makanan yang sehat perlu untuk terus didorong. Hal ini sangat penting karena terus meningkatnya penyakit ginjal di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia” ujar Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Tubagus Achmad Choesni.

“Kerja sama multi-pihak dibutuhkan untuk membuat gerakan hidup sehat ini berkelanjutan. Karena itulah, Kemenko PMK RI mendukung berbagai inisiatif dan aksi hidrasi sehat yang dilakukan Danone-AQUA dengan ikut meresmikan AQUA Hydration Calculator dan berkomitmen untuk mengajak segenap Aparatur Sipil Negara untuk mengukur kecukupan hidrasi harian dengan penggunaan urine chart,” sambungnya.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK.menjelaskan pengetahuan terkait pentingnya hidrasi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat, karena pihaknya paham betul akan masalah-masalah yang bisa datang dengan kurang minum air.

"Contohnya, ketika terjadi dehidrasi berulang (kronis) karena kurang konsumsi air putih, seseorang bisa mengalami penyakit ginjal kronis," ujarnya dalam talk show peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Minggu (24/3).

“Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan konsumsi air berbeda-beda antara satu individu dengan lainnya bergantung pada beberapa faktor seperti usia, aktivitas fisik, sedang hamil atau menyusui, lingkungan (suhu, kelembaban), dan kondisi kesehatan (misalnya gangguan fungsi ginjal, infeksi saluran kemih, dan penyakit jantung). Itulah pentingnya diadakan acara ini,” tambahnya.

TAGS : Cegah Ginjal Hidrasi Sehat




TERPOPULER :