Rabu, 24/04/2024 14:10 WIB

Ketua MPR: Kesuksesan Pemilu adalah Persatuan Kita

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan kemenangan atau kesuksesan dalam pemilu adalah kalau kita bisa menjahit kembali persatuan kita. Kita bisa kokoh, bersatu, saling menghormati dan menyayangi

Ketua MPR RI saat membuka Press Gathering dengan Koordinatoriat Wartawan DPR/MPR/DPD di Hotel Swiss Bell Lampung, Jumat malam 22/3/2019

Lampung, Jurnas.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan kemenangan atau kesuksesan dalam pemilu adalah kalau kita bisa menjahit kembali persatuan kita. Kita bisa kokoh, bersatu, saling menghormati dan menyayangi.

"Itulah menang atau sukses dalam pemilu. Tapi kalau itu tidak terjadi maka tidak ada yang menang dalam pemilu. Jika pun ada pemenang, kita katakan kalah kalau saling curiga masih berlanjut setelah pemilu usai," ketika membuka Press Gathering Pimpinan MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan DPR/MPR/DPD di Hotel Swiss Bell Lampung, Jumat malam (22/3/2019). Press Gathering ini diikuti lebih dari 90 wartawan cetak, elektronik, dan online, berlangsung 22 - 24 April 2019 di Bandar Lampung.

Persoalan yang dihadapi sekarang ini, kata Zulhasan sapaan akrab Zulkifli Hasan, adalah suasana pemilu yang begitu panas. Dari perjalanan berkeliling ke berbagai daerah, Zulkifli mengungkapkan suasana yang panas pada masa Pemilu ini. Dia mengibaratkan suasana panas itu seperti jerami kering yang sedikit saja api bisa membakar semuanya. "Saya sudah berkeliling hampir 500 kabupaten dan saya merasakan suasana panas itu," ungkapnya.

Karena itu Zulkifli merasakan kekhawatirannya terhadap suasana panas Pemilu ini. Kekhawatiran itu bukan pada jelang pemungutan suara 17 April 2019 melainkan sesudah pemungutan suara. Dia memperkirakan sampai pada pemungutan suara 17 April tidak akan terjadi apa-apa. "Saya tidak khawatir hari ini sampai tanggal 17 April 2019. Tidak akan terjadi apa-apa. Tapi setelah pemungutan suara, saya khawatir," katanya.

"Kalau masing-masing pihak merasa menang, terus bagaimana? Apalagi dengan beda suara yang tipis?" imbuhnya.

Menurut Zulkifli, pemilihan presiden dilakukan setiap lima tahun. Tapi seringkali justru berkepanjangan. "Pilpres ini setiap lima tahun, tapi kita tidak boleh berkepanjangan. Kalau sampai terjadi rusuh, kita mundur lagi. Kita jaga bersama rumah kita, negeri kita ini," ujar pria yang akrab disapa Zulhasan ini.

Karena itu dia mengimbau semua pihak untuk saling menghormati dan menghargai serta melaksanakan Pemilu dengan Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil). "Pemilu ini bukan perang. Sama sekali tidak. Kita menjalani demokrasi karena itu ada pemilu. Pak Jokowi dan Pak Prabowo adalah kader terbaik Indonesia. Pemilu ini tentang saudara kita juga," tandasnya.

Zulhasan menegaskan pemilu harus dilaksanakan secara Luber Jurdil. Jangan ada syak wasangka dan kecurigaan. "Pemilu harus Luber Jurdil. Setelah itu kita jahit kembali merah putih agar kita kembali bersatu pasca pemilu yang panjang dan melelahkan serta mengaduk-aduk perasaan, persaudaraan, kebangsaan, persatuan. Setelah pemilu, kita satukan lagi," tegasnya.

Pada masa menjelang pemungutan suara 17 April 2019 ini Zulkifli Hasan mengajak media untuk tidak membuat suasana menjadi semakin panas melainkan menyejukan dan meredakan ketegangan. Media sebagai pilar keempat demokrasi mempunyai peran sangat penting. "Ayolah teman-teman media kita jaga rumah kita, negeri ini. Media mempunyai peran yang penting," ujarnya.

Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah juga meminta media untuk menyajikan informasi yang menyejukan menjelang pemungutan suara 17 April 2019. "Selain meliput kegiatan di parlemen, rekan-rekan media juga bisa menyajikan berita dan informasi yang menyejukan," ujarnya.

Selain itu, Siti Fuziah juga mengharapkan media untuk mendorong masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan tidak Golput. "Kami berharap teman-teman media juga ikut mendorong masyarakat agar tidak Golput dan datang ke TPS, " kata Ibu Titi, sapaan akrab Siti Fauziah.

Press gathering, Siti Fauziah menambahkan, adalah untuk mempererat silaturahmi dengan wartawan parlemen. Dia mengharapkan wartawan parlemen bisa memberitakan kegiatan MPR secara menyeluruh dan utuh dan bisa dipertanggungjawabkan mengingat MPR sebagai rumah kebangsaan dan pengawal konstitusi.

Usai pembukaan press gathering digelar diskusi dengan tema "Etika Politik dalam Pemilu" menghadirkan narasumber anggota MPR Fraksi PKS Almuzammil Yusuf dan Ketua Fraksi PAN MPR Alimin Abdullah. Turut hadir dalam pembukaan press gathering Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung serta Kepala Bagian Pemberitaan MPR M Jaya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Zulkifli Hasan Pemilu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :