Selasa, 23/07/2019 07:38 WIB

Indonesia Siap Jadi Raja Kelapa Dunia

Bibit unggul yang dibagikan bahkan bisa lebih dari dua ton per hektare.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam acara Apresiasi dan sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Ciamis, Jawa Barat, Jumat 22 Maret 2019 (Foto: Fajar)

Ciamis, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia bisa menjadi raja kelapa di dunia. Mengingat potensi yang dimiliki ImTanah Air begitu sangat besar.

Itu disampaikan Amran saat menyerahkan bantuan 16 ribu bibit Kelapa unggul kepada petani dalam acara Apresiasi dan sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Ciamis, Jawa Barat, Jumat (22/3).

"Ekspor kelapa kita 1,8 hingga 1,9 juta ton per tahun dan merupakan tertinggi di dunia," jelas pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu.

Saat ini, menurut penjelasan Amran, produksi kelapa dalam negeri bisa mencapai dua ton per hektare. Bibit unggul yang dibagikan bahkan bisa lebih dari dua ton per hektare. Di negara lain, seperti di Filipina bisa mencapai empat ton per hektare.

"Pak Dirjen tugas kita jangan dua ton saja. kejar yang empat ton. Bayangkan baru 1 ton saja produksi kita nomor satu dunia," ungkap Amran.

Sekedar diketahui, ekspor pertanian Indonesia meningkat 29 persen. Salah satunya yang berkontribusi adalah kelapa. Sementara, Pendapatan Domestik Bruto Pertanian (PDB) meningkat dari 994 triliun pada 2014 menjadi 1462 triliun pada 2018

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Raja Kelapa Petani Ciamis




TERPOPULER :