Kamis, 25/04/2024 06:41 WIB

Wisatawan Malaysia Minati "Kulit" Garut

Pasar yang terletak di jalan Ahmad Yani, Sukaregang ini selalu ramai dikunjungi pencinta produk-produk olahan kulit wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Jalan Ahmad Yani, salah sentra produk olahan kulit (Foto: Supi/Jurnas.com)

Garut, Jurnas.com - Rasanya kurang lengkap jika berlibur ke Garut tapi belum menjajal Pasar Kulit Garut. Pasar yang terletak di jalan Ahmad Yani, Sukaregang ini selalu ramai dikunjungi pencinta produk-produk olahan kulit wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu pemilik toko yang dijumpai Jurnas.com, bernama Siti Azizah menjelaskan bahwa setiap Sabtu dan Minggu kawasan itu tidak pernah sepi wisatawan dari Malaysia yang sengaja ke pasar itu untuk memboyong olahan kulit Garut tersebut.

"Kalau hari Sabtu dan Minggu padat banget kang di pasar ini. Dari luar negeri seperti Malaysia paling sering ke sini belanja," kata Azizah yang sibuk melayani para pelanggannya.

Kulit yang dijajakan di sepanjang jalan itu merupakan produk rumahan Garut. Beberapa juga barang yang diangkut dari luar daerah. Namun yang membedakannya cukup melihat mereknya. Biasanya produk asli Garut belum diberi label atau brand

"Barang di sini asli semua produk rumahan warga Garut. Ada juga dari luar daeah tapi jumlahnya dikit. Itu pun sebetulnya untuk menambal-menambal saja," jelas Azizah dengan dialog khas Dunianya.

Barang-barang yang diproduksi rumahan itu ternyata sudah melanglang buana ke kabupaten lain. Bukan hanya di Jawa Barat, tapi juga wilayah di luar pulau Jawa, seperti Sulawesi dan Lampung.

KEYWORD :

Pasar Kulit Jawa Barat Wisatawan Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :