Kamis, 25/04/2024 13:35 WIB

Ekspor Chip Israel ke China Melonjak

Pejabat China mengatakan mereka ingin mengembangkan pasar chip domestik karena perusahaan China mengimpor 270 miliar dolar AS semikonduktor setiap tahun. Israel memiliki reputasi untuk mengekspor chip kelas atas.

Logo Intel terlihat di kantor perusahaan di Petah Tikva, dekat Tel Aviv, Israel./Reuters Photo

Jakarta, Jurnas.com - Ekspor chip komputer Israel ke China melonjak tahun lalu karena perusahaan China membeli lebih banyak semikonduktor di pabrik Kiryat Gat milik Intel.

Seorang pejabat di Institut Ekspor Israel mengatakan bahwa data baru menunjukkan ekspor semikonduktor ke China melonjak 80 persen tahun lalu menjadi 2,6 miliar dolar AS (1,96 miliar pound). "Intel Israel menyumbang setidaknya 80 persen dari penjualan itu," katanya dilansir CGTN.

Data tersebut akan menjadi berita baik bagi pemerintah Israel karena mendorong hubungan yang lebih dalam dengan China dan karena semikonduktor menyumbang 3,9 miliar dolar AS dari keseluruhan ekspor barang pada tahun 2018.

Kedua negara telah mulai menegosiasikan kesepakatan perdagangan dan teknologi diharapkan menjadi bagian utama dari diskusi. Secara keseluruhan ekspor barang-barang Israel ke China, tidak termasuk berlian, naik 50 persen menjadi 4,7 miliar dolar AS.

Intel mengumumkan investasi lima miliar dolar AS untuk memperluas kapasitas pabrik Kiryat Gat di Israel selatan pada 2017, yang menjadikan beberapa chip terkecil dan tercepat di dunia.

Tahun itu juga membeli perusahaan chip dan teknologi yang berfokus pada Israel Mobileye untuk 15 miliar dolar AS. Dikatakan tahun ini akan menginvestasikan 11 miliar dolar AS di pabrik baru Israel.

Seorang juru bicara Intel mengatakan perusahaan mengekspor barang senilai 3,9 miliar dolar AS dari Israel tahun lalu, naik dari 3,6 miliar dolar AS pada tahun 2017.

Pejabat China mengatakan mereka ingin mengembangkan pasar chip domestik karena perusahaan China mengimpor 270 miliar dolar AS semikonduktor setiap tahun. Israel memiliki reputasi untuk mengekspor chip kelas atas.

Lembaga ekspor Israel juga mengatakan penjualan peralatan inspeksi untuk manufaktur semikonduktor ke China melonjak 64 persen menjadi 450 juta dolar AS tahun lalu.

Peralatan itu digunakan untuk mengendalikan dan memeriksa proses produksi di pabrik semikonduktor dan berguna bagi China karena peningkatan produksi chip dalam negeri.

Perusahaan-perusahaan di Israel yang membuat peralatan seperti itu termasuk Orbotech, yang baru saja diakuisisi oleh sesama pembuat peralatan semikonduktor KLA-Tencor of California dengan harga sekitar 3,4 miliar dolar AS.

Kesepakatan itu diumumkan setahun yang lalu tetapi diadakan oleh regulator Tiongkok, yang hanya memberikan persetujuan mereka pada bulan Februari.

China sekarang menjadi pasar ekspor barang terbesar kedua Israel setelah Amerika Serikat, setelah mengalahkan Inggris tahun lalu.

KEYWORD :

Chip Israel China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :