Sabtu, 20/07/2019 16:23 WIB

China Ciptakan Drone Bertenaga Surya

China membuat kemajuan dalam proyek teknologi drone bertenaga surya Feiyun yang pada akhirnya akan menjadi jaringan besar yang memfasilitasi komunikasi darurat dan observasi darat

Ilustrasi Drone bertenaga Surya (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - China membuat kemajuan dalam proyek teknologi drone bertenaga surya Feiyun yang pada akhirnya akan menjadi jaringan besar yang memfasilitasi komunikasi darurat dan observasi darat.

Zhang Hongwen, Presiden Akademi Ketiga China Aerospace Science and Industry Corp, kontraktor ruang angkasa utama, mengatakan akademi itu melakukan lebih dari 100 uji terbang pesawat tak berawak bertenaga surya pada 2018 dan menentukan desain drone serta kemampuan peralatan yang dipasang pada drone selama penerbangan.

Ia dapat melakukan beberapa tugas yang secara tradisional dilakukan oleh satelit, tetapi dengan biaya yang jauh lebih rendah, menurut Meng Fanyuan, kepala perancang sistem di akademi.

"Ketika membawa perangkat yang terhubung internet, jaringan berbasis drone akan dapat menghubungkan pengguna di daerah terpencil, pegunungan dan pulau-pulau kecil melalui internet, dan juga dapat menyediakan layanan telepon," katanya dilansir CGTN.

"Setelah selesai, sistem juga akan dapat mempertahankan setidaknya satu minggu layanan komunikasi darurat jika terjadi kegagalan dalam komunikasi berbasis darat," tambahnya.

Akademi bermaksud untuk membentuk jaringan drone untuk menampilkan dan mempromosikan penggunaannya dalam penginderaan jauh dan telekomunikasi selama tiga tahun mulai dari 2020.

TAGS : Teknologi China Drone Tenaga Surya




TERPOPULER :