Rabu, 24/04/2024 22:00 WIB

PDIP Desak Pelaku Penembakan Jamaah Masjid di Selandia Baru Dihukum Seberat-beratnya

PDIP Mendesak Pemeritah Selandia Baru menghukum pelaku penembakan masjid yang menewaskan puluhan warga Muslim dihukum seberat-beratnya.

Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan mendesak Pemerintah Selandia Baru menghukum seberat-beratnya pihak yang terlibat dalam penembakan warga Muslim di Masjid al-Noor dan Lindwood, Christchurch, Jumat, (15/3/2019).

"PDI Perjuangan menuntut agar siapa pun yang terlibat dihukum seberat-beratnya," ujar Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Dr. H. Ahmad Basarah, Sabtu (16/3/2019.

Ahmad Basarah mengatakan, penembakan warga muslim yang hendak Sholat Jumat itu adalah duka bagi dunia dan kemanusiaan, bukan hanya bagi umat Islam.

"Penembakan itu mwrupakan tindakan terorisme yang sama sekali tidak dibenarkan dengan alasan apapun, dan bertentangan dengan prinsip kemanusiaan," ujar Basarah.

Wakil Ketua MPR RI ini menilai terorisme tidak berkaitan dengan agama manapun, sehingga kita hendaknya memisahkan antara ajaran agama dan perbuatan akibat ideologi kegelapan tersebut.

"PDI Perjuangan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya bagi seluruh korban meninggal dunia. Memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar arwah korban diterima disisiNya. Terhadap korban luka-luka dalam peristiwa tersebut agar diberikan kesembuhan," kata Basarah.

PDI Perjuangan, lanjut Basarah, meminta pemerintah Selandia Baru segera mengusut tuntas motif dan pelaku penembakan serta dalang atas peristiwa tersebut.

Ia pun mendesak Pemerintah Selandia Baru untuk terus melakukan perlindungan khususnya terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) dan seluruh umat Islam di sana.

Kata Basarah, PDI Perjuangan meminta kepada segenap umat Islam di Indonesia untuk tetap tenang, tidak terpecah belah, tidak terprovokasi, dan jangan ikut-ikutan memperkeruh suasana dengan mengeluarkan pernyataan provokatif, yang berpotensi mengganggu keamanan dan kondusifitas di dalam negeri.

"Kami meminta agar kewaspadaan dini terhadap teror ditingkatkan, khususnya di dalam negeri, serta turut aktif melaporkan ke pihak berwenang jika menemukan informasi yang mengarah pada tindak pidana terorisme atas nama dan alasan apapun," jelas Ahmad Basarah, Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Penembakan Masjid Selandia Baru Ahmad Basarah PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :