Sabtu, 25/05/2019 12:24 WIB

Video Ini Jadi Bukti Gol Kedua Ronaldo Tidak Sah

Gol kedua CR7 dianggap belum melewati garis gawang, kendati video asisten wasit (VAR) mengesahkan gol hasil bola sundulan tersebut

Selebrasi Ronaldo usai menjebol gawang Atletico Madrid (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com – Nama Cristiano Ronaldo dielu-elukan oleh pendukung Juventus, kala penyerang Portugal itu tampil trengginas dengan menyarangkan tiga gol (hatrick) ke gawang Atletico Madrid, pada pertengahan pekan ini.

Juventus lolos ke fase perempat final berkat keunggulan agregat 3-2. Padahal di Wanda Metropolitano sebelumnya, Si Nyonya Tua takluk 2-0 dari wakil Spanyol tersebut.

Di tengah pujian, Ronaldo juga menjadi sorotan karena salah satu golnya dianggap kontroversi. Gol kedua CR7 dianggap belum melewati garis gawang, kendati video asisten wasit (VAR) mengesahkan gol hasil bola sundulan tersebut, karena telah melewati garis sebelum ditepis oleh kiper Atletico, Jan Oblak.

Dikutip dari Marca, sebuah video yang beredar di dunia maya menganalisis gol eks Real Madrid tersebut. Menurut video itu, ada tiga kejanggalan yang menjadi bukti gol Ronaldo tidak sah. Apa saja?

  1. Garis

Menurut aturan umum sepak bola, posisi garis gawang dan tiang gawang harus berada dalam satu garis lurus. Namun dalam pertandingan tersebut, posisi tiang gawang agak ke belakang, sehingga tidak satu garis lurus dengan garis gawang.

Hal ini penting menjadi perhatian, karena gol terhitung sejak bola melewati garis gawang berwarna putih yang tergambar di atas tanah.

  1. Bola

Dalam rekaman ulang yang ditayangkan oleh Teknologi Garis Gawang resmi, ukuran bola menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Tampak bola berukuran 12,4 persen lebih kecil dari bola asli.

Padahal Jika replay menggunakan ukuran bola asli, maka bola tandukan Ronaldo itu belum sepenuhnya melewati garis gawang.

  1. Posisi bola

Tayangan ulang tampak menghitung tangan kiper sebagai bagian dari posisi akhir bola. Padahal jika hanya menghitung posisi murni bola, bola Ronaldo harusnya agak sedikit lebih ke luar.

TAGS : Cristiano Ronaldo Liga Champions




TERPOPULER :