Jum'at, 26/04/2019 09:27 WIB

Garda BMI: Masalah Banyak Problematika Pekerja Migran yang Harus Diselesaikan

Ketua Umum Garda BMI Ahmad Iman mengingatkan, kasus Siti Aisyah hanyalah satu dari sekian banyak problematika pekerja migran Indonesia yang harus diselesaikan pemerintah.

Ahmad Iman, Ketua Umum Garda BMI, Caleg DPR RI Nomor urut 1 Dapil Jakarta II

Jakarta, jurnas.com - Ketua Gabungan Aliansi Rakyat Daerah untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) Ahmad Iman mengatakan, masih banyak kasus yang menimpa pekerja migran Indonesia di luar negeri. Adapun pembebasan Siti Aisyah hanyalah satu kasus yang medapat sorotan publik.

Menurut Ahmad Iman, keberhasilan diplomasi pemerintah dalam pembebasan Siti Aisyah dari jeratan hukum di Malaysia harus menambah semangat pemerintah dalam menuntaskan kasus lain yang ada.

"Kita apresiasi upaya pembebasan Siti Aisyah. Tapi kasus lain masih banyak juga yang harus diselesaikan," ujar Ahmad Iman, Kamis (14/3/2019).

Ahmad Iman yang juga Caleg DPR RI nomor urut 1 Dapil Jakarta II (Luar Negeri, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat) menyontohkan, kasus tertabrak mobil yang dialami pekerja migran di Arab Saudi bernama Suryani.

Pekerja migran dari Kabupaten Sumbawa Barat itu hingga kini masih koma dan dirawat di Rumah Sakit King Khalid, Riyadh.

Keluarganya di Sumbawa pun bingung dan berharap anaknya bisa dipulangkan ke kampung halaman.

Ada juga kasus pekerja migran bernama Masriyah binti Masdun yang bertahun-tahun tanpa kabar seperti lenyap ditelan bumi.

Keluarganya di Serang, Banten pun bingung dan tak tau harus kemana lagi mengadu.

"Banyak kasus kalau mau diungkap. Sementara kasus Siti Aisyah ramai diperbincangkan publik karena melibatkan tokoh besar. Tapi kalau kasus lain seolah luput dari perhatian padahan ini masalah saudara kita juga di luar negeri," tukas Ahmad Iman.

Ahmad Iman yang juga Wakil Sekjen DPP PKB mengaku sering mendapat banyak informasi jika ada kasus yang menimpa pekerja migran di luar negeri. Sebab, Garda BMI yang ia pimpin memang proaktif dalam menangani masalah pekerja migran.

"Kita di Garda BMI selalu mendapat laporan, karena jaringan kita ada di hampir semua negara yang menjadi kantong-kantong pekerja migran," jelasnya Ahmad Iman.

Ahmad Iman berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan perlindungan, advokasi serta kesejahteraan Pekerja Migran Indonensia (PMI) melalui program dan kebijakan.

"Ini yang akan kita fokuskan ke depan," tuntas Ahmad Iman, Caleg DPR RI nomor urut 1 Dapil Jakarta II.

TAGS : Garda BMI Ahmad Iman Siti Aisyah




TERPOPULER :