Sabtu, 20/04/2024 15:47 WIB

Norwegia Tak Benarka Permukiman Israel di Palestina

Norwegia berusaha mendukung hak-hak rakyat Palestina melalui UNRWA

Jalan baru ini diyakini terkait dengan rencana pemukiman Israel di daerah E-1 yang sangat diperebutkan (Foto: Megan Giovannetti/Al Jazeera)

Kairo, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan, Menteri Luar Negeri Norwegia, Ine Eriksen Soreide mengungkapkan bahwa permukiman Yahudi yang dibangun Israel di wilayah Palestina "tidak sah".

Dalam keterangan tertulisnya, Menlu Norwegia, Soreide bertukar pikiran dengan Menlu Mesir, Sameh Shoukry tentang pengembangan hubungan bilateral, masalah Palestina, serta isu-isu penting regional dan internasional, terutama krisis Suriah dan Libya.

Keduanya juga membahas terorisme, masalah paling penting di Timur Tengah dan Afrika.

Berbicara pada konferensi pers bersama setelah melakukan pertemuan itu, Ine Eriksen Soreide mengatakan negaranya berusaha mendukung hak-hak rakyat Palestina melalui Badan Bantuan dan Pekerja PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Menyinggung pembangunan permukiman ilegal di tanah Palestina oleh Israel, Soreide berkata, “Pemukiman Israel di wilayah Palestina tidak sah."

Soreide juga menyampaikan keinginan negaranya untuk memperkuat kerja sama dengan Mesir yang telah mengambil alih kepemimpinan secara bergilir Uni Afrika bulan lalu.

KEYWORD :

Pemukiman Israel Palestina Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :