Rabu, 20/03/2019 11:57 WIB

Kasus Novel Baswedan Masih Gelap

Sudah 700 hari berlalu kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan belum juga menemukan titik terang.

Penyidik KPK, Novel Baswedan

Jakarta - Sudah 700 hari berlalu kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan belum juga menemukan titik terang. Kasus tersebut masih gelap alias belum terungkap.

Selama hampir kurang lebih dua tahun aparat kepolisian seolah-olah kesulitan dalam mengungkap pelaku kekerasan terhadap penegak hukum tersebut. Bahkan, tim gabungan yang dibentuk Polri juga belum menunjukkan hasil.

"Belum ada perkembangan berarti. 9 Januari 2019 yang lalu sudah dibentuk tim gabungan antara Polri dengan KPK, tidak ada hasil yang disampaikan kepada kita semua," kata Kuasa Hukum Novel Baswedan, Arif Maulana di Gedung KPK Jakarta, Selasa (12/3).

Untuk itu, tim kuasa hukum beberapa hari lalu sudah menyampaikan beberapa surat kepada Polri. Surat yang pertama adalah meminta tim gabungan Polri untuk menyampaikan transparansi dan akuntabilitas proses kerja yang mereka lakukan.

"Sudah 3 bulan tim gabungan berisi banyak perwira banyak prnyidik, banyak sekali kalau kita melihat, itu belum ada hasil yang berarti yang disampaikan kepada publik dan belum terungkap kasusnya," tegasnya.

Kedua, sambung Arif, pihaknya juga sudah melaporkan kepada KPK terkait dengan obstruction of justice atau menghalang-halangi penyidikan terkait kasus Novel Baswedan.

"Kami sudah meminta kepada Pimpinan KPK mengenai tindak lanjut dari surat tersebut. Berkenaan situasi hari ini yang mana sudah 700 hari dan mendekati dua tahun tidak ada perkembangan berarti, kasus masih gelap," tegasnya.

Diketahui, penyidik senior KPK Novel Baswedan diserang oleh dua orang pengendara motor pada 11 April 2017 seusai sholat subuh di Masjid Al-Ihsan dekat rumahnya.

Pelaku menyiramkan air keras yang mengakibatkan mata sebelah kiri Novel tidak dapat melihat karena mengalami kerusakan yang lebih parah dibanding mata kanannya.

Sejak saat itu kasus ini ditangani oleh kepolisian sebagai tindak pidana umum. Namun, hingga saat ini tak satupun pelaku yang berhasil diungkap, kecuali hanya sketsa wajah terduga pelaku.

TAGS : Penyidik KPK Novel Baswedan Kasus Kekerasan




TERPOPULER :