Kamis, 18/04/2024 13:59 WIB

Mengenal Perawatan Rambut Bayi

Informasi perawatan rambut pada bayi diperlukan agar para orang tua mengerti dalam merawat jenis rambut bayi.

Ilustrasi bayi.(Foto : Boldsky.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kecepatan pertumbuhan rambut berbeda-beda berdasarkan umur dan jenis kelamin serta dipengaruhi oleh hormon, kecukupan nutrisi, dan faktor genetik.

Fase pertumbuhan rambut terdiri dari fase tumbuh, fase istirahat, dan fase lepas. Dalam kandungan, pertumbuhan rambut pada janin dimulai sekitar usia 8-12 minggu kehamilan.

Rambut tumbuh di semua bagian tubuh kecuali di bibir, telapak tangan dan telapak kaki, dengan panjang dan ketebalan yang berbeda-beda.

Dokter Spesialis Anak Dr. Robert Soetandio, Sp.A mengatakan info perawatan rambut pada bayi diperlukan agar para orang tua mengerti dalam merawat jenis rambut bayi.

"Dalam kandungan siklus ini telah berlangsung dan bayi lahir umumnya dengan rambut di kepala yang banyak dan tebal. Rambut yang terbentuk dalam kandungan ini umumnya akan gugur dalam enam bulan pertama," ucap
dokter dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang ini.

Setelah rambut yang terbentuk dalam kandungan gugur, akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen dan mengikuti siklus pertumbuhan rambut secara alamiah.

Pada awalnya rambut terlihat tipis setelah gugur, karena beberapa bayi tidak langsung memasuki fase tumbuh yang baru. Umumnya pada usia 1.5 - 2 tahun telah tumbuh rambut baru permanen.

Kadang kala rambut yang gugur pada bayi membentuk pola tertentu atau hanya di bagian tertentu saja, misalnya di belakang kepala. Hal ini masih dapat dianggap normal pada bayi berusia kurang dari 6 bulan.

"Apabila bayi anda mengalami hal ini, perhatikan pada sisi mana ia lebih banyak tidur atau apakah ada kebiasaan tertentu seperti menarik rambut atau membenturkan kepala,” ujar dokter Robert.

Hal ini dapat mempercepat gugurnya rambut. “Anda dapat mengurangi kecepatan gugurnya rambut dengan mengubah posisi tidurnya bayi,”tandasnya. Namun demikian, tidak ada obat khusus untuk penumbuhan rambut.

 

KEYWORD :

Perawatan Rambut Rambut Bayi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :