Kamis, 25/04/2024 06:47 WIB

Siti Aisyah Bebas dari Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

Siti Aisyah dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan mengolesi agen saraf VX di wajahnya di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017, dalam serangan gaya Perang Dingin yang mengejutkan dunia. (Foto: AFP)

Shah Alam, Jurnas.com - Pengadilan Malaysia membebaskan perempuan Indonesia yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un setelah jaksa menarik tuduhan pembunuhan terhadapnya.

Siti Aisyah dituduh bersama Doan Thi Huong dari Vietnam membunuh Kim Jong Nam dengan mengolesi agen saraf VX di wajahnya di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Serangan itu disebut gaya Perang Dingin yang mengejutkan dunia.

"Siti Aisyah dibebaskan," kata hakim Azmin Ariffin kepada Pengadilan Tinggi Shah Alam, saat ia menyetujui permintaan dari jaksa penuntut untuk membatalkan tuduhan pembunuhan tersebut, Senin (11/3).

"Dia bisa pergi sekarang," sambungnya.

Dalam permintaannya untuk mencabut dakwaan, jaksa Muhammad Iskandar Ahmad tidak memberikan alasannya lebih detail. Ia hanya mengatakan, Aisyah bebas untuk meninggalkan negara itu.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana mengatakan kepada wartawan: "Kami senang dengan keputusan pengadilan. Kami akan mencoba menerbangkan Siti kembali ke Indonesia hari ini atau secepat mungkin."

Itu adalah langkah mengejutkan karena pengadilan telah dijadwalkan untuk mendengarkan Huong - yang berada di pengadilan bersama Aisyah - bersaksi pada  Senin.

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong Un Pengadilan Malaysia WNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :