Jum'at, 19/04/2024 06:50 WIB

Tiga Menu Diet Sehat untuk Sarapan

Bagi Anda yang sedang berdiet disarankan untuk tidak melupakan sarapan pagi hari.

Ilustrasipisang (Foto: Girlcosmo)

Jurnas.com - Salah kalau Anda menyebut diet adalah proses menurunkan berat badan tanpa sarapan. Diet yang tepat haruslah mencakup sarapan, dan tanpa makan pagi, Anda hanya akan mendapatkan rasa lemas yang berujung pada beberapa penyakit.

Berikut tiga menu diet sehat untuk sarapan Anda:

1. Pisang

Mengapa memilih pisang? Kandungan potassium yang ada di dalam pisang membuat detak jantung normal dan dapat mengatur kadar air yang ada di dalam tubuh agar tetap seimbang. Dengan mengkonsumsi pisang setiap pagi, maka kebutuhan kalori Anda sudah bisa terpenuhi dan membuat kenyang tanpa harus makan lahap di siang hari.

Pisang juga mengandung serat yang amat baik bagi kelancaran buang air besar. Pengkonsumsian pisang juga bisa lebih variatif dengan menjadikannya salad, campuran sereal, dan tentunya dimakan secara langsung.

Berapa takaran pengkonsumsian pisang setiap pagi? Satu atau dua pisang berukuran sedang sebenarnya sudah cukup bagi Anda.

2. Oat

Salah satu daftar menu diet sehat yang telah menjadi andalan ini mempunyai kandungan karbohidrat kompleks yang mampu menyediakan cadangan energi bagi Anda. Tak heran, dengan oat Anda mampu beraktivitas lebih baik dari biasanya. Selain karbohidrat kompleks, oat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan mengenyangkan perut, terlebih lagi, oat telah dikaitkan dengan jantung yang sehat.

Cadangan energi yang dihasilkan oleh oat dapat Anda gunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleksnya bisa mensuplai energi sepanjang hari. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi oat ketika pagi hari.

Sama seperti pisang, oat juga dapat Anda sajikan bersama dengan makanan atau minuman lain agar tidak bosan. Cookies rendah lemak dan susu rendah lemak adalah dua tambahan yang bisa Anda libatkan ketika bosan mengkonsumsi oat yang polos.

3. Teh hijau

Kita perlu pembersih, dan pelancar sirkulasi darah di pagi hari. Teh hijau adalah minuman yang dapat melakukan tugas tersebut dengan baik. Minuman ini mengandung antioksidan terbaik yang mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga gizi Anda tersebar dengan merata ke seluruh tubuh.

Cara yang dianjurkan dalam mengkonsumsi teh hijau adalah tanpa gula, kalau Anda tak tahan dengan rasa pahitnya, tambahkan gula namun dengan kadar yang amat sedikit.

KEYWORD :

Diet Sehat Menu Sarapan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :