Senin, 25/03/2019 13:44 WIB

Shinta Nuriyah Wahid Ingatkan Pentingnya Peranan Perempuan

Berbicara di hadapan ratusan ibu-ibu dalam acara perayaan ulang tahunnya ke-71, istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Shinta Nuriyah Wahid mengingatkan peranan penting perempuan dalam kehidupan masyarakat.

Istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Shinta Nuriyah Wahid ditemani Ketua sekaligus pendiri YKPI saat memberikan sambutan dalam acara pemeriksaan Papsmear dan Mammograpfi gratis, di kediamannya Ciganjur, Sabtu (09/03).

Jakarta, Jurnas.com - Berbicara di hadapan ratusan ibu-ibu dalam acara perayaan ulang tahunnya ke-71, istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Shinta Nuriyah Wahid mengingatkan peranan penting perempuan dalam kehidupan masyarakat.

Istri almarhum Abdurrahman Wahid (Gusdur) itu menyatakan, perempuan merupakan makhluk yang spesial karena lewat perempuanlah awal kehidupan dimulai dari melahirkan hingga merawat anak.

"Perempuan adalah tokoh penting dalam kehidupan, kalau tak ada perempuan siapa yang melahirkan anak, menyusui dan merawat mereka," kata Shinta saat memberikan sambutan dalam acara pemeriksaan Papsmear dan Mammografi gratis, di kediamannya Ciganjur, Sabtu (09/03).

Menurut Shinta, selain perbedaan fisik, ada beberapa hal yang membedakan antara laki-laki dan perempuan, yang membuat perempuan layak untuk dihargai setinggi-tingginya. Pasalnya, hanya perempuan lah yang memiliki hal tersebut.

"Ada lima hal pada diri perempuan yang tak terdapat pada laki-laki yaitu menstruasi, mengandung, melahirkan, menyusui dan mampu melakukan banyak hal dalam sekali waktu," kata perempuan yang termasuk dalam 100 tokoh perempuan paling berpengaruh di dunia.

  

Untuk itu, lanjut Shinta, perempuan harus selalu sehat untuk mampu menjalankan peran tersebut. Pasalnya, jika seorang perempuan sakit maka siapa yang mengurus anak, suami dan rumah. Karena hanya perempuan lah yang melakukan itu semua.

"Saya mengingatkan agar perempuan (ibu-ibu) selalu menjaga kesehatan, jika merasakan sakit harus segera berobat. Jangan malu apalagi takut untuk selalu memeriksa kesehatan," tambahnya.

Perayaan ulang tahun yang sekaligus merupakan peringatan hari perempuan internasional itu juga dirangkai dengan pemeriksaan Papsmear dan Mammografi gratis yang diikuti oleh ratusan ibu-ibu setempat.

Hal itu dilakukan untuk memeriksa kesehatan payudara para peserta menggunakan sinar-X dosis rendah. Sekaligus digunakan untuk melihat beberapa tipe tumor dan kista, serta mengurangi mortalitas akibat kanker payudara.

TAGS : Peranan Perempuan Shinta Nuriyah Wahid




TERPOPULER :